Connect with us

Berita Terbaru

BPK RI Minta Pemkab Serang Bahu Membahu Sukseskan Program Vaksinasi COVID-19

Published

on

BPK RI Perwakilan Banten saat Mendatangi Sekretariat Daerah Pemkab Serang. (ISTIMEWA)

Serang – Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Banten mendatangi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang pada Senin, 23 Agustus 2021.

Kedatangannya untuk menyinergikan dalam upaya percepatan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Serang.

Pengendali Teknis BPK RI Perwakilan Provinsi Banten, Diana mengatakan, kedatangannya sebagai program pemeriksaan kinerja pendahuluan atas upaya pengelolaan vaksinasi, dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi covid-19 tahun anggaran 2021.

“Intinya kita mengharapkan kerjasama (percepatan vaksinasi covid-19),” ujar Diana.

Karenanya, lanjut Diana, untuk penanganan covid-19 ini tidak bisa di bebankan kepada Dinas Lesehatan semua instansi terkait harus bahu membahu terutama Diskominfosatik turut menyosialisasikan kepada masyarakat bagaimana caranya agar mau di vaksin.

BACA :  Gelar Operasi Sikat Pekat 2019, Polsek Karawaci Geledah Toko-toko Pengedar Miras

“Kominfo membantu men share sentra vaksin ada dimana atau menginfokan jadwal puskesmas melaksanakan vaksinasi. Kalau Dinkes tahunya sudah menjadi konten, nah itu tugas kominfo,” terangnya.

“Untuk OPD lain juga sama seperti dinas sosial, kerjasama bareng OPD intinya. Intinya kita menangani covid-19 bagaimana caranya masyarakat mau divaksin dan covid,-19 bisa turun penyebarannya dan hilang,” harap Diana.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, BPK RI Perwakilan Provinsi Banten melakukan audit kinerja terhadap Pemkab Serang dalam hal pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan sejak bukan Januari 2021 sampai saat ini.

“Jadi BPK menyampaikan beberapa hal berkenaan dengan percepatan vaksinasi yang mereka temukan, baik saat melakukan audit secara adminsitarsi maupun lapangan,”ujarnya.

BACA :  Polisi Kantongi Identitas Diduga Pelaku Teror Bom di Mal Teraskota Serpong

Hal itu dilakukan, sebut Agus, agar ada upaya Pemkab Serang dalam rangka pemenuhan sasaran vaksinasi di Kabupaten Serang.

“Jadi sebenarnya penyampaian saran-saran dari BPK RI perlu ada kerjasama lintas OPD, dalam pelaksanaan vaksinasi tidak hanya di bebankan hanya dinkes, puskesmas dan UPT saja,” terangnya.

“Pak Sekda menyambut baik usulan dan saran yang disampaikan BPK RI saja, tapi akan menindaklanjutinya untuk di Kabupaten Serang diawali dengan melaksanakan rapat dalam rangka percepatan vaksinasi ini,” ungkap Agus.

Editor : Engkos Kosasih



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler