Gawat Peredaran Narkoba di Kab. Tangerang Level Darurat; Sehari Ada Saja yang Dibui

Date:

Peresmian Kampung Tangguh Anti Narkoba Desa Talaga Cikupa Oleh Polres Kota Tangerang. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Polresta Tangerang membentuk kampung tangguh anti narkoba di Desa Talaga, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Rabu, 25 Agustus 2021.

Kasat Narkoba Polresta Tangerang Kompol Panji Firmansyah menjelaskan, tujuan dibentuknya kampung tangguh anti narkoba tidak lain adalah untuk mencegah dan memberantas peredaran narkotika di tengah masyarakat. 

“Kita bekerja sama dengan masyarakat, dan tokoh agama, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, agar ke depannya warga kecamatan Cikupa Desa Talaga ini bersih dari narkoba,” Kata Panji kepada BantenHits, Rabu 25 Agustus 2021. 

Dari data kasus penyalahgunaan narkotika Polresta Tangerang, Panji mengungkapkan, bahwa peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Tangerang sudah masuk dalam level darurat narkoba. 

Dalam sebulan, ia menyebut, ada 18-25 kasus penyalahgunaan narkotika yang ditangani oleh Satnarkoba Polresta Tangerang yang didominasi oleh kasus sabu dan tembakau sintetis (gorila). 

“Ini sudah sangat darurat sekali. Dalam 1-2 hari itu kita selalu ada tangkapan di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang,”tuturnya.

“Karena banyaknya peredaran narkoba, banyaknya pengguna, jadi sangat penting untuk dibentuk kampung tangguh anti narkoba ini,” tambahnya.

Bekerja sama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Tangerang dan Kesbangpol, pihaknya juga membentuk Satgas Anti Narkoba di Desa Talaga Cikupa. 

Nantinya, Satgas Anti Narkoba inilah yang akan mengedukasi masyarakat khususnya generasi muda tentang bahaya menggunakan narkotika. 

“Saya juga akan berkoordinasi dengan kapolsek lainnya untuk kita tentukan wilayah lain untuk dijadikan kampung tangguh anti narkoba. Jadi ini sebagai pilot project,” Tukasnya.

Kepala BNK Tangerang Dedy Sutardi mengatakan, bahwa pencanangan kampung tangguh anti narkoba tersebut sebagai optimalisasi upaya pencegahan peredaran narkoba baik oleh kepolisian maupun oleh BNK Tangerang. 

Ia berharap, berawal dari optimalisasi pencegahan di kampung-kampung, maka peredaran narkoba di Kabupaten Tangerang bisa ditekan secara maksimal melalui partisipasi masyarakat. 

“Filosofinya begini mencegah lebih baik daripada mengobati. Kampung tangguh anti narkoba ini untuk menggugah partisipasi masyarakat dalam mencegah dan mengkampanyekan bahaya narkoba,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...