Connect with us

Berita Terbaru

Ibu Hamil di Kabupaten Tangerang Mulai Disuntik Vaksin Pfizer; Demi Kesehatan Jabang Bayi

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (Baju Putih) saat Meninjau Vaksinasi bagi Ibu Hamil di GOR Kecamatan Balaraja. (Istimewa)

Tangerang- Para ibu hamil di Kabupaten Tangerang mulai disuntik vaksin Pfizer, pada Sabtu 28 Agustus 2021. 

Berlokasi di GOR Kecamatan Balaraja, sedikitnya ada 600 ibu hamil yang disuntik vaksin buatan Amerika Serikat tersebut. 

dr. Mahmud, penanggung jawab vaksin bagi ibu hamil yang diadakan oleh pemerintah Kabupaten Tangerang itu mengatakan, vaksin Pfizer hanya diperbolehkan bagi ibu hamil dengan usia kandungan di atas 13 minggu. 

Dibandingkan vaksinasi bagi masyarakat umum, pemeriksaan sebelum disuntik vaksin khusus ibu hamil ini juga lebih ketat. 

Boleh tidaknya mereka divaksin harus melalui pemeriksaan langsung dokter dan bidan yang dipantau oleh spesialis kandungan.

BACA :  Warga Tiga Kampung di Cilegon Bongkar Paksa Warem di Pulomerak

“Vaksinasi dengan vaksin Pfizer ini sudah direkomendasikan oleh Kemenkes dan POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) dan aman bagi ibu hamil,” Kata dr. Mahmud.

Untuk mengantisipasi adanya kejadian lanjutan pasca imunisasi, petugas terus melakukan evaluasi dan observasi kepada para ibu hamil yang sudah vaksinasi.

Apabila ada keluhan, kata dr. Mahmud, pihaknya akan langsung membawanya ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

“Untuk vaksin ibu hamil ini memang ada perlakuan berbeda. Pemeriksaan sebelum dan sesudah divaksinasi dilakukan dengan ketat,” ujarnya.

Sementara, Susi Rahmawati, salah seorang ibu hamil asal Cisoka, mengaku lega usai disuntik vaksin COVID-19. 

Meski awalnya ragu, namun setelah berkonsultasi dengan bidan dan dokter spesialis kandungan, dirinya berani untuk divaksinasi karena vaksin Pfizer cukup aman bagi ibu hamil.

BACA :  Situs PPDB Banten Sulit Diakses, Netizen: Setahun Belum Cukup untuk Belajar

“Ini aman, baik untuk ibu dan kandungan, jangan takut dan jangan ragu. Ayo segera vaksin COVID-19 demi kesehatan kita dan jabang bayi yang kita kandung,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler