6 Puskesmas di Pandeglang Belum Punya IPAL, Dinkes; Sudah Diusulkan Tapi Tak Direalisasi Pemerintah Pusat

Date:

Foto Ilustrasi IPAL (toyaartasejahtera)

Pandeglang – Sebanyak 6 Puskesmas di Kabupaten Pandeglang belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Dari 36 Puskesmas yang ada hanya 20 Puskesmas yang sudah memiliki IPAL dan 10 Puskesmas baru ditahap pembangunan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinkes Pandeglang, Didiek Hendro Bawono mengatakan, 6 Puskesmas yang belum memiliki IPAL diantaranya, Puskesmas Banjar, Jiput, Sindangresmi, Cisata, Bojong dan Sobang.

“Selama ini Puskesmas yang belum memiliki IPAL membuang limbah cair nya itu di sepiteng. Memang sepiteng enggak optimal seperti IPAL, tapi yang penting limbah cairnya ini tidak mengalir di atas tanah,” kata Didiek, Selasa 31 Agustus 2021.

Dia mengaku tahun 2020 kemarin mengusulkan 15 pembanguan IPAL ke Pemerintah Pusat. Namun yang direalisasi hanya 10 IPAL dan saat ini sedang mulai proses pembangunan, seperti IPAL di Puskesmas Pagelaran, Pagadungan, Bangkonol, Cikupa, Cikedal, Patia, Munjul, Cikeusik, Cimanggu dan Cigeulis.

“Sebetulnya sudah kami usulkan ke Pemerintah Pusat, tapi yang direalisasi cuma 10. Yang 10 IPAL ini sudah mulai pembangunan,” jelasnya.

Didiek juga menjelaskan, untuk tahun 2022 ke 6 Puskesmas tersebut belum bisa dipastikan apakah akan memiliki IPAL atau tidak. Sebab untuk tahun depan tidak ada program pembangunan IPAL Puskesmas Pemerintah Pusat.

“Tapi kami akan mencoba mengusulkan pembangunan IPAL ini melalui APBD Pandeglang, mudah-mudahan ada anggaranya,” tutupnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...