Dear Calon Kades di Lebak, Alat Peraga Kampanye Hanya Boleh Dipasang di Rumah Masing-masing

Date:

Pelanggaran APK di Tangsel
FOTO ILUSTRASI. Pelangaran APK di Tangsel marak. Bawaslu Kota Tangsel mengaku tak memiliki dana operasional untuk penertiban. (BantenHits.com/ Ade Indra Kusuma)

Lebak- Para Calon Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Lebak dilarang memasang alat peraga kampanye (APK) di tempat umum sebelum memasuki masa kampanye.

Kebijakan itu diambil panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Kabupaten Lebak yang kemudian dituangkan dalam edaran mengenai larangan pemasangan alat peraga kampanye (APK). 

“Pelaksanaan kampanye oleh calon kepala desa dengan alat peraga dilakukan saat masa kampanye yakni tanggal 17 sampai 19 Oktober 2021. Kemudian tanggal 21-23 adalah masa tenang dan tanggal 24 Oktober adalah hari pemungutan,” kata Ketua Panitia Pilkades tingkat Kabupaten, Al Kadri, Jumat, 3 Agustus 2021.

Alkadri menerangkan alat peraga kampanye dilarang dipasang di titik-titik ruang publik. Namun, calon kades diperbolehkan untuk memasang APK di kediaman mereka masing-masing.

“Artinya APK tidak dipasang di tempat-tempat umum ya, sesuai aturan dalam Pasal 1, 50 dan 54 Perbup Nomor 7 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pilkades. Tetapi kalau di rumah tentu tidak ada masalah dengan catatan diketahui oleh panitia tingkat desa,” terang Al Kadri.

Namun, tidak ada sanksi tegas, sambung Al Kadri, bagi calon yang tetap memasang APK di luar waktu kampanye. Sanksi yang diberikan hanya berupa teguran.

“Diberikan teguran dan itu kewenangannya ada di panitia tingkat desa untuk menegur,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...