Connect with us

Berita Terbaru

Gaes, di Pandeglang Bakal Ada IPA Kapasitas 100 Liter Perdetik; Penunjang KSPN Tanjung Lesung

Published

on

Bupati Pandeglang, Irna Narulita bersama Kepala BPPW Banten, Indra Rojali (kedua kiri) saat peletakan batu pertama pembangunan IPA Kapasitas 100 Liter Perdetik. (Bantenhits/Fariz Abdullah)

Pandeglang- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tengah membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kabupaten Pandeglang.

Ya, mereka juga akan memasang pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)  Tanjung Lesung.

Proyek strategis nasional itu akan berkapasitas 100 liter perdetik. Sedangkan, untuk pemasangan pipa akan menjangkau 4 kecamatan penyangga Tanjung Lesung.

“Bakal ada 8 ribu sambungan di 12 desa dan 4 kecamatan di buffer zone Tanjung Lesung. Artinya bakal ada 36 ribu jiwa yang menikmati aliran air bersih,”kata Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat ground breaking Pembangunan IPA Kapasitas 100 liter/detik dan pemasangan pipa JDU di KSPN Tanjung Lesung di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang.

BACA :  Di Cikulur Lebak Kegiatan Keagamaan dan Sosbud Masih Dibatasi; Tak Ada Resepsi Nikah hingga Berolahraga Tak Lebih dari 4 Orang

Irna tak menampik bahwa belakangan ini masih banyak masyarakat yang bergantung pada air aliran sungai ataupun sumur bor.

“Semoga ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,”katanya.

“Targetnya itu 200 liter perdetik. Untuk tahap pertama itu 100 liter perdetik karena pembangunannya bertahap,”timpal Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Banten, Rojali Indra.

Indra berharap pembangunan IPA dan pemasangan pipa JDU dapat memenuhi pelayanan air minum untuk Panimbang dan KSPN Tanjung Lesung.

“Karena kita tahu belakangan ini masyarakat masih bergantung pada air sungai dan sumur bor,”ucapnya.

Untuk diketahui dikutip dari laman LPSE, proyek strategis nasional ini menelan anggaran Rp40 miliar dari APBN tahun 2021.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

BACA :  Vaksinasi Tingkat SMA dan SMK Belum Merata, Dindikbud Bilang Begini di Depan Jokowi



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler