Connect with us

Berita Utama

Anak Buah Beberkan Hubungan Raja Iskandar Jamaludin Firdos dengan Angling Dharma

Published

on

Iskandar Jamaludin Firdos pria yang dipanggil raja oleh warga duduk di kursi singgasana ditemani empat perempuan saat serah terima kunci rumah kepada warga. Iskandar membangun 30 rumah warga miskin di Pandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Pria berpenampilan seperti Raja, yakni Iskandar Jamaludin Firdos mendadak muncul dan membangun puluhan rumah warga miskin di tiga kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Kemunculan ‘sang raja’ asal Mandalawangi ini langsung menyedot perhatian publik, terutama saat Iskandar Jamaludin Firdos hadir dalam acara serah terima kunci rumah kepada warga di lapangan sepak bola Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Minggu 19 September 2021.

Banyak warga berduyun-duyun datang ke lokasi karena ingin menyaksikan dari dekat sosok pria yang dipanggil Baginda Raja oleh warga ini.

BACA :  Duh, 107.930 Warga Kabupaten Lebak Masuk Kategori Miskin

Jamil, salah seorang anak buah kepercayaan Iskandar Jamaludin Firdos mengungkapkan, Baginda Raja–demikian Jamil menyebut Iskandar Jamaludin Firdos–memiliki jiwa sosial dan hati yang adil dan bijaksana seperti seorang raja.

Menurut Jamil, dalam sejarah ada seorang raja bernama Angling Dharma, yakni seorang raja yang dikenal bijaksana. Kebaikan sifat Angling Dharma ini, kata Jamil, turun kepada Iskandar Jamaludin Firdos.

“Kalau lebih jelasnya alasan kenapa disebut Baginda Raja, saya juga belum bisa menjelaskan lebih jauh. Cuma karena baginda punya hati yang adil dan bijaksana seperti Raja Angling Dharma,” ungkapnya dalam wawancara dengan BantenHits.com, Selasa 21 September 2021.

Saat ditanya bagaimana silsilah Iskandar Jamaludin Firdos hingga kemudian sebutan Baginda Raja disematkan kepadanya, Jamil tidak menjelaskan secara detail. Ia hanya mengaku, sebutan baginda raja terhadap Iskandar Jamaludin Firdos itu bukan karena keinginan Iskandar.

BACA :  Tak Hanya Gaji, Baznas Sebut Tukin ASN di Lebak Masuk Hitungan Zakat Profesi

“Gelar baginda raja itu udah dari sananya ya, bukan karena keinginan baginda sendiri. Gelar baginda itu langsung, mungkin sosok seorang raja yang adil dan bijaksana muncul dipermukaan bumi ini,” katanya.

Saat ditanya lagi apakah ada keturunan dari masa kerajaan atau kesultanan di Banten, sehingga Iskandar Jamaludin Firdos itu disebut baginda raja, Jamil mengaku, ada kemungkin Iskandar adalah salah satu keturunan kesultanan di Banten.

“Mungkin saja ada salah satu keturunan dari kesultanan di Banten,” ucapnya.

Saat disinggung makna tulisan Angling Dharma di kediamannya dan bangunan rumah warga yang dibangun Iskandar Jamaludin Firdos, Jamil mengatakan, tulisan Angling Dharma itu sebuah simbol atau isyarah yang mengandung makna yang luar biasa. 

BACA :  Ombak Besar Tiba-tiba Menggulung Tiga Warga Pandeglang di Pantai Karang Suraga Cinangka, Satu Tewas Dua Selamat

“Angling Dharma itu adalah adil dan bijaksana. Dan dulu ada sejarah Raja Angling Dharma yang adil dan bijaksana, maka itu lah simbol yang ada di kawasan kediaman baginda,” ujarnya.

Sebelumnya, Iskandar Jamaludin Firdos membangun sedikitnya 30 rumah warga miskin di tiga kecamatan di Kabupaten Pandeglang, yakni Pagelaran, Menes, dan Mandalawangi.

Camat Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Holil Marjuki menyambut baik aksi sosial yang dilakukan Iskandar Jamaludin Firdos di wilayah Pagelaran. Dalam sambutannya, Holil juga turut menyebut Iskandar dengan panggilan Tuan Raja.

“Kami apresiasi atas langkah Tuan Raja yang telah membantu membangunkan rumah warga kami. Mudah – mudahan ke depan ada lagi kegiatan seperti ini di desa yang lain di Pagelaran,” tutur Camat Holil saat hadir dalam acara serah-terima kunci di Lapangan Bola, Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, Minggu 19 September 2021.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler