Connect with us

Berita Terbaru

Profile Iskandar Jamaludin Firdos; Beristri Empat dan Ahli Hikmat

Published

on

Iskandar Jamaludin Firdos pria yang dipanggil raja oleh warga duduk di kursi singgasana ditemani empat perempuan saat serah terima kunci rumah kepada warga. Iskandar membangun 30 rumah warga miskin di Pandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Pria paruh baya di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, membetot perhatian publik. Sebab pria bernama Iskandar Jamaludin Firdos ini berpakaian seperti raja.

Bahkan orang dekat Iskandar Jamaludin kerap memanggil dia dengan sebutan Baginda Sultan dan Raja Angling Dharma.

Sebutan Raja Angling Dharma hanya sebatas siloka atau peribahasa, menginat sosok pria berusia sekitar 80 tahun itu sangat dermawan kerap membantu anak yatim, janda dan warga miskin.

Iskandar juga tercatat sudah membangun sedikitnya 30 unit rumah dan empat pondok pesantren yang didanai pakai uang pribadi dan hasil swadaya dari murid-muridnya.

BACA :  74 Ribu Petani di Kabupaten Lebak Dapat Kartu Tani

Iskandar Sosok yang Tertutup

Iskandar Jamaludin Firdos dikenal sebagai sosok yang terturup, jarang bersosialisasi dengan warga meski sudah 10 tahun tinggal di
Kampung Salangari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang.

Meski tertutup, tidak ada aktivitas mencurigakan yang dilakukan oleh Iskandar. Sehingga warga tidak merasa risih atas kehadiran Iskandar.

“Dia mah jarang berkecimpung dengan warga. Selama ini yang kami tahu tidak ada aktivitas seperti itu (Menyimpang) paling ada acara-acara dzikiran sama kesenian silat,” kata Kasi Kesejahteraan Sosial Desa Pandat, Dimas, Kamis 23 September 2021.

Punya Padepokan Seperti Istana Kerajaan

Di Kampung Salangsari, Iskandar tinggal di sebuah bangunan mirip seperti istana kerajaan. Di bagian depan rumah terdapat sebuah gerbang yang bertuliskan bahasa arab dan indonesia aman tentram gemah ripah loh jenawi.

BACA :  Warga akan Mengadu ke Bupati

Di bagian balakang gerbang atau kawasan depan rumah terdalat sebuah saung yang bertuliskan singgasana raja. Di atas singgasana terdapat kursi dan payung yang menjadi ciri khas sebuah kerajaan dengan peta dunia di belakangnya.

Sedangkan pada bagian atap rumah terdapat tulisan ‘Angling Dharma’. Juru Bicara Iskandar Jamaludin Firdos, Ali menjelaskan, bangunan rumah tersebut bukan kerajaan, namun padepokan.

“Itu (Rumah) bukan kerajaan, tapi padepokan. Di padepokan ini tempat tinggal Baginda, tempat dzikiran dan melatih kesenian silat,” jelas Ali.

Ahli Hikmat yang Sering Didatangi Tamu

Ali menceritakan, Baginda -Sebutan Ali pada Iskandar Jamaludin Firdos- sering dikunjungi banyak tamu dari berbagai wilayah. Hal itu karena Iskandar memiliki keahlian semacam ahli hikmat.

Meski sering didatangi tamu, namun tak sedikit tamu yang terpaksa harus balik lagi tanpa bertemu langsung dengan Iskandar Jamaludin. Mengingat, sosok pria ini sulit untuk ditemui.

BACA :  Wabup Pandeglang Kecewa Perbaikan Jalan Masih Asal-asalan

“Bisa di bilang beliau itu ahli hikmat, cuma lebih ke isyarah sih. Bertemu beliau mah sulit, saya saja sebelum kenal 9 kali bulak-balik padepokan supaya bisa ketemu. Terus udah ketemu cuma bersalaman doang,” tuturnya.

Punya 4 Orang Istri

Iskandar Jamaludin memiliki 4 orang istri yang saat penyerahan kunci rumah warga miskin di Kecamatan Pagelaran, Pandeglang turut hadir.

“Iya punya 4 istri. Cuma yang saat penyerahan kunci yang di foto itu cuma tiga doang, karena yang satu mah anak nya,” ungkapnya.

Ali menceritakan, kehidupan rumah tangga Baginda sangat harmonis. Dua istri tinggal di kerajaan, satu istri tinggal di Kecamatan Menes yang satunya lagi tinggal di Tenjolahang, Kecamatan Jiput.

“Yang tinggal di padepokan cuma dua, satunya di Kecamatan Menes dan di Tenjolahang. Selama ini hubungan rumah tangganya baik-baik saja,” tutupnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler