Dalam Delapan Jam PT Buana Centra Swakarsa Logistics Sukses Suntikan Vaksin Dosis Kedua untuk 1.500 Warga Cilegon

Date:

Vaksinasi yang digelar PT Buana Centra Swakarsa Logistics di Cilegon, Senin, 27 September 2021.(Istimewa)

Cilegon – Program vaksinasi terus digencarkan pemerintah. Bahkan, sejumlah pihak di luar pemerintahan seperti industri dan organisasi lainnya turut membantu vaksinasi.

Seperti halnya program vaksinasi yang diselenggarakan di PT Buana Centra Swakarsa Logistics (BCS Logistics) di Kota Cilegon, Banten.

Setelah berhasil menggelar vaksin dosis pertama sendiri pada 30 Agustus 2021 lalu PT BCS kembali menggelar vaksinasi dosis kedua Senin, 27 September 2021.

BCS Logistics yang merupakan perusahaan milik anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Muhamad Mardiono ini, menyelenggarakan program vaksinasi massal bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Dalam delapan jam lebih dari 1.500 orang berhasil divaksin. Pesertanya terdiri dari karyawan beserta keluarga, kemudian pelajar SMA/SMK se-Kota Cilegon dan masyarakat di sekitar perusahaan.

Dari total 1.573 peserta yang sudah disuntik dosis pertama, hanya 72 orang yang tidak dapat disuntik saat dosis kedua pada hari ini.

“Alhamdulillah, hari ini sudah selesai pelaksanaan vaksinasi dosis dua. Antusiasme masyarakat untuk divaksin cukup baik,” kata Ketua Tim Penanganan Covid 19 BCS Logistics, Ikhnaton, Senin, 27 September 2021 melalui keterangan tertulis. 

Sejumlah pelajar tampak antre saat mengikuti vaksinasi yang digelar PT Buana Centra Swakarsa Logistics di Kota Cilegon, Senin, 27 September 2021.(Istimewa)

Ikhnaton mengungkapkan, pada vaksinasi pertama di BCS Logistics, tercatat sebanyak 1.673 orang yang mendaftar, sedangkan yang berhasil divaksin sebanyak 1.573 orang.

Kemudian pada penyuntikan dosis kedua hari ini, Senin, 27 September 2021, tercatat ada 1.501 orang yang tervaksin.

“Peserta yang tidak tervaksin sebagian besar karena faktor kondisi yang tidak memungkinkan pada saat pemeriksaan kesehatan, dan Alhamdulillah secara umum pelaksanaan vaksinasi di perusahaan kami berjalan lancar,” terangnya.

Ikhnaton juga memberi apresiasi kepada Dinas Kesehatan Provinsi Banten yang telah mengerahkan tenaga kesehatan tim vaksinasi yang mampu menyuntikkan lebih dari 1.500 orang dalam waktu 8 jam.

“Peserta yang divaksin di BCS bukan hanya karyawan dan keluarga, tetapi pelajar SMA/SMK di Kota Cilegon, serta masyarakat di sekitar perusahaan,” ujarnya.

Ketua RW.07 Kelurahan Rawa Arum, Taufiq mengucapkan terima kasih kepada BCS Logistics yang telah mengikutsertakan masyarakat sekitar perusahaan untuk vaksin.

“Warga saya banyak yang belum divaksin. Harus giliran menunggu vaksinasi di Puskesmas karena jumlah terbatas. Dengan adanya vaksinasi di BCS ini, jadi mempercepat, warga yang sudah divaksin bertambah,” ujarnya.

“Tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada Wantimpres Bapak Mardiono, selaku pemilik perusahaan, ini sangat membantu masyarakat,” ujarnya.

Masyarakat Kota Cilegon tampak antusias mengikuti vaksinasi yang digelar PT Buana Centra Swakarsa Logistics. (Istimewa)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Provinsi Banten, termasuk pemerintah kabupaten dan kota untuk menggenjot program vaksinasi.

Hal itu disampaikan Presiden pada saat memberi pengarahan kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banten di Aula Kantor Gubernur Banten, Selasa 21 September lalu.

“Vaksin sudah banyak di atas 30 persen, tetapi hati-hati masih ada yang di bawah 20, Pandeglang, Lebak, Kabupaten Serang, saya minta Pangdam, Kapolda, bantu 3 kabupaten ini untuk mengejar, paling tidak di atas 30 persen,” ujarnya.

Presiden juga menyoroti daerah yang menyetok vaksin dan meminta agar dihabiskan.

“Jangan ada yang menyetok vaksin, karena stok saya lihat masih banyak sekali di kabupaten kota di Banten, jangan ada stok vaksin, begitu datang segera habiskan,” pintanya.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Banten, pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Banten saat ini telah menjangkau sebanyak 3,6 juta lebih sasaran atau 39,56% telah divaksinasi dosis pertama.

Sementara untuk dosis kedua tercatat sebanyak 2 juta atau 20,55% masyarakat Banten yang tervaksin.

Tim yang dikerahkan Dinkes Provinsi Banten dalam program vaksinasi di PT BCS sebanyak 18 tim yang terdiri dari petugas screening dan vaksinator dengan total 54 orang. Kemudian tim input data picare sebanyak 60 orang, serta tim logistik 18 orang.

Pelaksanaan vaksin pun berjalan lancar, dimulai pukul 08.00 WIB, selesai sekitar pukul 14.00 WIB.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related