Kampung Wapres Ma’ruf Amin Bakal Jadi Sentra Buah Mangga

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono saat menanam bibit mangga. Kecamatan Tanara dan Tirtayasa rencananya bakal menjadi sentra mangga. (Istimewa)

Serang – Kecamatan Tanara dan Tirtayasa, Kabupaten Serang yang di dalamnya ada kampung halaman Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin bakal dijadikan sebagai sentra penghasil buah mangga.

Sebanyak 20.000 bibit pohon buah mangga telah ditanam di dua wilayah tersebut, Kamis 30 September 2021.

Penanaman pohon buah mangga pun diawali di sekitar kediaman Ma’ruf Amin di Desa/Kecamatan Tanara oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, Agus M Tauchid, Kepala Distan Kabupaten Serang, Zaldi Dhuhana, Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (DKPP), Soehardjo, Kepala Dinkes, dr Agus Sukmayadi, dan para alim ulama Kecamatan Tanara.

Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto mengatakan, terkait dengan penanaman pohon buah mangga merupakan amanah dari Wapres RI KH. Ma’ruf Amin.

“Sekitar tiga pekan lalu beliau mengamanahkan supaya wilayah Pondok Pesantren An Nawawi Tanara jadi penghasil tanaman buah mangga,” ujar Brigjen TNI Yunianto.

Atas amanah tersebut, kata Brigjen TNI Yunianto, pihaknya mendatangkan bibit pohon buah mangga yang berkualitas. Pastinya, bibit mangga yang cocok dengan daerah sekitar Tanara.

“Insya Allah akan di tanam di dua Kecamatan Tanara dan Tirtayasa,” terangnya.

Sedangkan untuk jumlah bibit pohon buah mangga, sebut Brigjen TNI Yunianto sebanyak 20.000 bibit disiapkan dengan berbagai jenis meliputi buah manga gedong gincu, harum manis, cengkir dan lainnya. 

“Sebelumnya kami koordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten, maka bibit buah mangga yang didatangkan dari Jati Nangor Bandung Jawa Barat,” jelasnya.

Dengan ditanamnya bibit buah pohon mangga, Brigjen TNI Yunianto menyampaikan kepada masyarakat yang diberikan amanah untuk menanam ikut bertanggung jawab merawatnya.

“Mudah-mudahan semuanya yang kita tanam, semuanya tumbuh dan menghasilkan buah,” tuturnya. 

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku merupakan mimpinya di Kabupaten Serang bias menjadi sentra buah mangga. Terlebih, setiap desa mempunyai penghasil unggulan.

“Mimpi saya di inisiasi oleh Pak Wapres dan Danrem,”ujar Tatu.

Dengan dilaksanakannya penanaman pohon buah mangga, Bupati Serang dua periode ini meyakini sudah sesuai target Pemerintah Daerah Kabupaten Serang _one field one product_ (satu bidang satu produk).

“Mudah-mudahan tiga kecamatan di mulai dari Tanara, Tirtayasa, dan Pontang nanti jadi sentra mangga, bisa seperti Indramayu penghasil buah mangga,” katanya.

Dengan begitu, Tatu meyakini jika Kabupaten Serang pun bisa seperti Indramayu sebagai penghasil buah mangga.

“Kabupaten Serang juga rasanya tidak sulit, hanya memang apa yang disampaikan Pak Danrem setelah ditanam itu jangan berharap lagi kepada pihak TNI yang mengurus, tapi masyarakat yang merawat, menyiram menjaga supaya hidup,” ungkapnya.

Usai menanam bibit pohon buah mangga di halaman kediaman Wapres RI KH Ma’ruf Amin, Tatu bersama Danrem 064/Maulana Yusuf, Brigjen TNI Yunianto, Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono melanjutkan menanam di terminal Tanara dengan menggunakan sepeda motor. Dilanjutkan, panen raya padi dan meninjau serbuan vaksinasi di yang digelar Kodim 0602/Serang di Kantor Desa Sujung.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...