Sudah Mau Musim Penghujan, Auto2000 Sarankan Pemilik Mobil Toyota Lakukan Ini Biar Kendaraan Tetap Nyaman

Date:

Pemilik kendaraan harus lebih cermat memeriksa kondisi kendaraan, terutama saat musim penghujan. Foto Ilustrasi: Petugas THS-Auto2000 Home Service sedang melakukan perawatan kendaraan milik AutoFamily. (Dok. Auto2000)

Jakarta – Sejumlah wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki penghujan. Meski dalam intensitas yang masih rendah, namun hujan mulai turun merata di sejumlah wilayah.

Cuaca hujan merupakan tantangan tersendiri bagi pemilik kendaraan, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas rutin yang tinggi. Praktis kendaraan harus selalu dalam keadaan siap menghadapi cuaca apapun.

Nah, bagi pemilik mobil Toyota, Auto2000 membagikan tips agar AutoFamily dapat mengemudi mobil dengan aman dan nyaman. Berikut tipsnya:

1. Persiapan Teknis Mobil

Ban mobil memiliki peran sangat penting saat berkendara di musim hujan. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

Keausan ban yang yang telah melewati batas TWI akan menyulitkan ketika mengemudi di jalan licin. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standar sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik di berbagai kondisi jalan.

Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil harus bekerja ekstra keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Perhatikan pula jika ada saluran rem yang menetes atau bocor. Sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik beroperasi waktu hujan. Cek kondisi aki mobil dan pengisian alternator untuk menjaga kinerjanya.

Wiper mempunyai peran sangat penting ketika hujan turun. Oleh karenanya, pastikan wiper dalam kondisi baik, termasuk washer pembersih kaca, serta gagang dan motor penggerak wiper. Mobil seperti Sienta dan Yaris juga wajib mengecek wiper belakang. Periksa air pembersih kaca, jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

Perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang guna memastikan tidak ada yang mati. Pastikan AC berfungsi baik dan dingin karena jika tidak akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu daya pandang pengemudi. Kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi yang optimal turut menjaga performa mobil di jalan basah.

Meskipun tidak terkait langsung, AutoFamily wajib memeriksa masa berlaku asuransi mobil dan jenis kerugian yang bisa diklaim mengingat kemungkinan resiko akibat curah hujan yang tinggi.

Pada kasus tertentu seperti mobil rusak akibat terkena banjir atau terkena pohon bahkan bisa saja papan reklame tumbang harus ada perluasan tanggungan asuransi kendaraan.

2. Persiapan Pengemudi Mobil

Tidak hanya mobil, AutoFamily sebagai pengemudi juga harus mempersiapkan beberapa hal dalam menghadapi musim hujan. Seperti payung yang sangat bermanfaat di saat mendesak. Silakan periksa tempat menyimpan payung dan pastikan masih dapat berfungsi dengan baik.

Siapkan sandal plastik untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin sehingga tidak basah atau kotor akibat becek. Di masa pandemi, selalu sediakan masker medis baru andai yang lama basah terkena hujan, termasuk kaos pengganti untuk berjaga-jaga.

3. Persiapan Bodi Mobil

Tentu AutoFamily bakal merasa kurang nyaman jika bodi mobil kotor dan kusam setelah terkena hujan.

Bodi mobil dapat segera dibilas saat sampai di rumah untuk menghindari bodi mobil dari jamur atau water spot sehingga cat dan bodi tetap mulus dan cerah di musim hujan. Semprot bodi mobil dengan air bersih bertekanan dari atap ke bawah untuk meluruhkan kotoran halus seperti pasir.

Selanjutnya cuci dengan shampo mobil, bilas dengan air bersih, dan keringkan. Pastikan tidak ada noda air tertinggal yang bisa mengakibatkan timbulnya jamur di kaca dan bodi mobil.

AutoFamily yang kesulitan atau tidak sempat memeriksa sendiri mobilnya dapat melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau memanggil petugas THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah melalui Auto2000 Digiroom.

Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 Digiroom menyediakan Kupon General Check Up dengan harga yang terjangkau dan dapat dibeli via menu Aksesoris dan Kupon Service untuk selanjutnya tinggal memilih kupon sesuai jenis mobilnya.

Paket Kupon General Check Up terdiri atas pemeriksaan kondisi kendaraan lebih dari 20 titik pengecekan yang meliputi pemeriksaan mesin, komponen elektrik, komponen sasis dan bodi, komponen Air Conditioner (AC), serta pengecekan bersifat visual dan fungsional yang tidak membutuhkan pembongkaran komponen. Tersedia tambahan gratis cuci mobil untuk pekerjaan di bengkel Auto2000.

“Lakukan persiapan menyeluruh kendaraan dan pengemudinya sebagai langkah antisipasi memasuki musim hujan dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan. Untuk memudahkan AutoFamily melakukan pemeriksaan kendaraan, tersedia Kupon General Check Up dengan harga terjangkau yang bisa dimanfaatkan hanya di website Auto2000.co.id,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu, 2 Oktober 2021 melalui keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com.

Editor: Fariz Abdullah

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...