Buat Pecinta Mobil Legendaris Avanza, Lakukan Ini Agar Mobil Anda Super-Irit Bensinnya

Date:

Auto2000 membagikan tips agar mobil Toyota Avanza lebih irit bahan bakarnya. Petugas  THS-Auto2000 Home Service sedang melakukan perawatan kendaraan pelanggan. (Dok.Auto2000)

Jakarta – Mobil Toyota Avanza memang dikenal sebagai mobil yang irit menggunakan bahan bakar. Karena keunggulan ini, Avanza dijuluki mobil sejuta umat.

Meski dikenal irit, ternyata Toyota Avanza ini bisa disetting supaya lebih irit lagi. Nah, Avanza Lovers harus menyimak tips yang dibagikan Auto2000 melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com berikut ini:

1. Periksa Tekanan Udara Ban

Ritual memeriksa tekanan udara ban sebelum berkendara sering terlupakan padahal sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Sebagai contoh, jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Apalagi jika penumpang di dalam mobil juga banyak, otomatis bobotnya bertambah dan mobil butuh asupan bahan bakar lebih untuk berjalan.

2. Manajemen Perjalanan

Jika punya waktu lebih, sebaiknya pergi lebih awal sehingga tidak tergesa-gesa di jalan. Termasuk menghindari macet yang umum terjadi di jalan yang biasa dilalui. Gunakan peta digital untuk menentukan rute perjalanan terbaik sehingga konsumsi bahan bakar dapat ditekan.

3. Jaga Emosi di Mobil

Menjaga emosi di jalan sifatnya wajib karena begitu emosi, AutoFamily tidak akan bisa mengatur irama mengemudi dan menjadi agresif. Tidak hanya membuat penggunaan bensin meningkat, situasi ini bisa berujung pada keributan atau kecelakaan lalu lintas. Jangan terpancing emosi untuk berebut lajur jalan atau menyalip kendaraan lain sehingga membuat konsumsi bensin bertambah.

4. Mengemudi dengan Santai dan Halus

Selepas menyalakan mesin, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk berjalan. Pastikan segala keperluan, seperti kartu etoll, dompet, ponsel, dan mengatur playlist audio, sudah dipersiapkan. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama jelas menghabiskan bensin sia-sia.

Berkendaralah dengan santai dan halus saat menginjak pedal gas dan biarkan mobil melaju dengan memanfaatkan momentum. Atur jarak yang pas dengan mobil di depan sehingga tidak perlu tergesa-gesa menginjak pedal gas atau pedal rem. Segera matikan mesin saat berhenti lama, seperti di mini market atau rest area jalan tol. Terlihat sepele, tapi kalau diakumulasi akan terasa keuntungannya.

5. Ganti Posisi Gigi Transmisi di Momen yang Tepat

Avanza bertransmisi otomatis lebih mudah dalam penggantian posisi gigi karena sudah diatur oleh sistem kendaraan. AutoFamily cukup berkendara dengan halus agar gigi pindah di putaran mesin rendah, biasanya sekitar 2.000 rpm. Kalau lebih agresif dengan menekan pedal gas lebih dalam, gigi akan berpindah di putaran lebih tinggi sehingga menambah penggunaan bahan bakar.

Untuk Avanza manual, pindahkan gigi transmisi di putaran mesin 2.000 rpm lebih sedikit. Di putaran ini biasanya mobil sudah mendapatkan gaya dorong yang cukup. Saat mengurangi laju mobil, tidak perlu terlalu cepat menurunkan posisi gigi transmisi. Biarkan sampai terasa nyaris habis tenaganya, baru oper ke gigi lebih rendah. Kecuali dalam situasi tertentu seperti waktu menanjak atau ingin menyalip kendaraan lain.

6. Manfaatkan Fitur Eco Indicator

Pengguna Avanza dapat memanfaatkan fitur ECO Indicator yang ada di panel instrumen mobil. Kalau berhasil berkendara irit bensin, maka lampu indikator berwarna hijau tersebut akan muncul dan menandakan AutoFamily bijaksana dalam mengatur injakan pedal gas. Jika sukses membuat ECO Indicator selalu menyala, berarti gaya mengemudi AutoFamily masuk dalam level eco driving.

7. Servis Berkala Secara Rutin

Servis berkala secara rutin di bengkel Auto2000 mengembalikan performa mesin Avanza supaya tetap bertenaga dan efisien. Termasuk memastikan komponen pendukung mobil dalam kondisi prima. Positifnya, konsumsi BBM tidak akan berlebihan.

Pemilik Avanza dapat memanfaatkan Promo Toyota Flexi Service untuk servis hemat sesuai keperluan. AutoFamily bisa memilih beberapa pilihan paket yakni Paket Servis Rem mulai dari Rp 226 ribu, Paket Tune Up mulai dari Rp 336ribu, Paket Servis AC mulai dari Rp 215ribu, dan Paket Wiper Set + Wiper Fluid mulai dari Rp 118 ribu. Syarat dan ketentuan berlaku, silakan gunakan promo memikat ini lewat Auto2000 Digiroom.

“Pembicaraan di sosial media mengenai Avanza sangat ramai, seperti konsumsi bensinnya yang irit dan membuat hati tenang. AutoFamily dapat membuat MPV ini tetap irit dan ekonomis dengan menjalankan tips mengemudi yang efisien, termasuk di dalamnya melakukan servis berkala untuk menjaga performanya. Segera manfaatkan Promo Toyota Flexy Service untuk Avanza kesayangan melalui Auto2000 Digiroom,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Editor: Fariz Abdullah

 

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

Generasi Muda Banten, Ayo Bertani! Sektor Pertanian Punya Potensi Menjanjikan Loh

Berita Banten - Sektor pertanian di Banten memiliki potensi...