Connect with us

Berita Terbaru

Keren! Lima Mahasiswa UIN SMH Banten Raih Juara Kompetisi Jambore Ekonomi Syariah Nasional 2021

Published

on

Ketua Tim Lomba Call For Paper, UIN SMH Banten, Azi Efendi bersama para peserta lainya, di UIN SMH Banten. (Istimewa)

Serang – Lima Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten, meraih juara 2, kompetisi Jambore Ekonomi Syariah Nasional tahun 2021 di cabang lomba Call For Paper dan Debat Ekonomi.

Adalah Azi Efendi, Yuyun Yuningsih, Arif Rohmatullah, Baehaqi dan Diah Permatasari. Mereka berpartisipasi dalam Jambore Ekonomi Syariah Nasional 2021 yang bertema
“Manifestasi Mahasiswa Dalam Membentuk Generasi yang Unggul dan Kreatif”.

Kompetisi tingkat nasional ini diselenggarakan pada 2-8 Oktober 2021 secara luring di Surakarta, diikuti mahasiswa PTKIN se-Indonesia.

Ketua Tim Lomba Call For Paper, UIN SMH Banten, Azi Efendi mengatakan, pada lomba Call for Paper ini, mereka diminta mengangkat tema tinjauan literatur tentang aktivitas perekonomian.

BACA :  Satpol PP dan PT KAI Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Sunan Kalijaga Cijoro

Azi dan Yuyun, kata dia, dalam Cabang Lomba Call for Paper memutuskan mempersentasikan karya dengan judul Smart-Economy 5.0: Multi-Inovasi Berteknologi, dalam Upaya Pengembangan Industri Halal berbasis Lingkungan Inovatif-Digital.

“Mereka menampilkan inovasi-inovasi dengan Habbits teknologi dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Syariah di bidang Industri Halal, dan mendapatkan Juara 2 Nasional setelah mengalahkan lebih dari 50 Kampus,” ujar Azi saat ditemui di UIN SMH Banten, Selasa 12 Oktober 2021.

Lanjut Azi, tema yang dibawakan ini muncul dari keresahan akan majunya perkembangan teknologi di era sekarang, sehingga terkadang membuat masyarakat harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

“Masyarakat dan stakeholder hari ini mempunyai tantangan besar dalam upaya pengembangan ekonomi syariah baik di tataran nasional dan global. Perlu adanya inovasi yang muncul sebagai pelopor kemajuan ekonomi syariah. Maka kami yakin inovasi yang kami repsentasikan dalam call for paper ini menjadi salah satu solusi efektiv yang ditawarkan,” ujarnya.

BACA :  DPS Pilkada Pandeglang 2020 Berjumlah 898.189, yang Belum Terdata Bisa Daftar Online!

Azi juga mengakui, kegiatan lomba ini ada beberapa tahapan dalam pelaksanaannya, yaitu ada tahap penyisihan, semi final, dan final. Jambore Ekonomi Syariah Nasional diikuti oleh 58 Kampus di Indonesia yang terdaftar dalam Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam.

Bukan hanya dalam cabang Lomba Call for paper, sambungnya, dalam cabang lomba debat ekonomi pun FEBI UIN Banten mendapatkan juara 2 Nasional.

“Syukur Alhamdulillah bisa meraih juara 2 di cabang lomba debat ekonomi syariah ini. Tentu ini semua berkat doa dan dukungan orang-orang disekitar. Saya sangat merasa senang dan bahagia atas pencapaian yang telah diraih,” tutupnya.

Editor : Engkos Kosasih



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler