Situ Cikedal Dulu ‘Bau Mesum’, Kini Disulap Millenials Kreatif Jadi Tempat Ngopi yang Asyik

Date:

Suasana di Cafe 86 yang berada tepat di tepi Situ Cikedal. Kafe ini dibangun kaum millenials Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang untuk mendongkrak wisata Situ Cikedal. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Situ Cikedal dulu identik sebagai tempat mesum. Mungkin karena minimnya penerangan di lokasi itu. Tapi kini, lokasi tersebut telah berubah jadi tempat kongkow yang asyik.

Suasana di Situ Cikedal berubah total setelah kaum millenials di Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, mengembangkan kreatifitasnya melalui wirausaha kafe di tepi Situ Cikedal yang berada di tepi Jalan Raya Pandeglang – Labuan.

Kafe gagasan millenials Kecamatan Cikedal tersebut dinamakan “Cafe 86”. Di sini pengunjung bisa menikmati aneka ragam kopi dan minuman lainnya, serta berbagai panganan favorit anak muda.

Yang lebih menarik, pengunjung bisa menikmati kopi sambil menikmati indahnya suasana Situ Cikedal di siang atau malam hari.

Jika siang hari, pengunjung akan mendapati cahaya matahari yang berpendar di atas riak seperti tengah kejar-kejaran. Semilir angin terasa seperti menyihir, membuat penat yang lekat hilang seketika.

Suasana malam hari tak kalah asyik. Pengunjung seperti dipeluk hawa sejuk. Sementara mata bisa menerawang lepas ke angkasa yang ujungnya seperti jatuh di permukaan situ.

Cafe 86 karya Millenials Cikedal itu biasanya ramai dikunjungi pada sore hari hingga malam hari. Kafe di kawasan Situ Cikedal itu sangat cocok dijadikan tempat nongkrong muda – mudi.

Salah seorang pengelola cafe 86 Situ Cikedal, Dian Herdiana mengungkapkan, kafe yang dikelolanya saat ini merupakan gagasan para pemuda Cikedal. Selain untuk menumbuhkan ekonomi kreatif kaum milenial, juga untuk mendongkrak wisata Citu Cikedal.

“Ini gagasan pemuda Cikedal, supaya para pemuda memiliki aktivitas melalui wirausaha kreatif ini. Kafe ini kami namakan cafe 86,” ungkap Herdiana di kafe tepi Situ Cikedal, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Diakuinya, pengembangan usaha kreatif ini tak hanya sebatas untuk meningkatkan ekonomi kaum milenial saja. Akan tetapi, dirinya ingin keberadaam Situ Cikedal yang ada di wilayahnya itu juga terangkat kemajuan destinasi wisatanya.

Dian menambahkan, dulu kawasan Situ Cikedal kalau malam hari minim penerangan, sehingga khawatir dijadikan tempat maksiat. Maka dengan keberadaan usaha kreatif kaum millenials suasana Situ Cikedal ramai dan terang kalau malam hari.

“Rencana di sini (Situ Cikedal) tak hanya Cafe 86 saja. Tapi akan didirikan pula usaha kreatif lainnya seperti kuliner dan usaha kreatif lainnya, sehingga nantinya akan tumbuh ekonomi maayarakat,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Kisah Polisi Baik Hati dan Royadi Warga Jakarta yang Mudik Bawa Anak Cucu pakai Bajaj

Berita Jakarta - Sabtu malam, 6 April 2024, Royadi...

Mayat Pria Misterius Ditemukan Mengambang di Danau Legok Bakul

Berita Tangerang - Sesosok mayat pria misterius ditemukan mengambang...