Connect with us

Berita Terbaru

Mahasiswa Sebut PTPN VIII di Pandeglang Tak Penuhi Kewajiban CSR

Published

on

Mahasiswa Menyebut PTPN tak Penuhi Kewajiban CSR (Samsul Fatoni/BantenHits.com)

Pandeglang – Persatuan Mahasiswa Cisata (Permata), mempertanyakan pengelolaan dana CSR perusahaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Kelapa Sawit VIII di wilayah Kecamatan Cisata, Pandeglang.

Mereka menilai, pihak perusahan tidak memenuhi kewajibannya dalam mengelola CSR perusahaan.

Ketua Permata, Erik Setiawan menilai, PTPN VIII sudah melanggar aturan hukum yang berlaku, karena tidak menjalani kewajibannya dalam pengalokasian dana CSR.

Lantaran, masyarakat penyangga kawasan perusahaan tidak pernah menikmati dana CSR dari perusahaan tersebut.

“Setiap perusahaan harus mengalokasikan dana CSR nya, terlebih perusahaan sekelas BUMN. Baik itu berbentuk program ataupun apa tergantung pengelolaanya seperti apa. Yang terpenting masyarakat dapat merasakan dampak positifnya dari adanya perusahaan itu,” ungkap Erik, Rabu 27 Oktober 2021.

BACA :  Terendam Banjir, Ratusan Hektar Sawah di Tangerang Terancam Gagal Panen

Dikatakannya, pihak perusahaan tidak hanya sebatas mempekerjakan masyarakat sekitar menjadi tenaga kerja di perusahaan tersebut. Tapi perusahaan juga punya kewajiban dalam mengalokasilan dana CSR nya.

“Kami menginginkan PTPN VIII harus bertanggungjawab dan tidak merampas hak masyarakat. Apalagi ada oknum yang menari-nari diatas kerusakan lingkungan yang telah diperbuat, maka pengalokasian CSR perusahaan harus jelas dan transparan sehingga dapat membantu masyarakat,” katanya.

Di tempat yang sama, pengurus Permata lainnya, Diki Pratama menuturkan, adanya perkebunan sawit milik PTPN VIII seharusnya dapat membawa dampak positif dan membantu dalam membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar.

Lanjut dia, kewajiban perusahaan bukan hanya sebatas memperkerjakan tenaga lokal melainkan juga harus bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan akibat dsmpak dari perusahaan tersebut.

BACA :  Tebar Kebaikan di Masa Pandemi COVID-19, GP Ansor Banten Sebar Ribuan Sarung Secara Online

“Sesuai dengan Undnag-undnag Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, tentang pengelolaan dana CSR. Maka dalam hal ini perusahaan harus jelas dan transparan mengenai pengalokasian CSR nya,” tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, BantenHits.com masih meminta keterangan dari pihak PTPN VIII kaitan dengan pengelolaan dana CSR tersebut.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler