Digugat Atas Tuduhan Politik Uang, Pemkab Lebak Pastikan Bakal Tetap Lantik Calon Kades Padasuka Terpilih

Date:

Ilustrasi Pilkades. (NET)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak memastikan akan tetap melantik calon kepala desa (Kades) Padasuka, Kecamatan Warunggunung, terpilih.

Padahal, kepala desa dengan nomor urut 3 atas nama Irawati itu disebut-sebut telah digugat atas tuduhan politik uang.

Tak hanya itu, gugatan juga dilayangkan karena selisih suara antara Irawati dengan rivalnya Suherman nomor urut 2 hanya selisih dua suara saja.

Irawati berhasil meraih 1.599 suara sedangkan Suherman 1.597 suara.

“Kemarin, betul saya menerima laporan dari Kecamatan bahwa ada gugatan dari salah satu calon di Pilkades Padasuka. Gugatan yang dilayangkan oleh salah satu calon itu terkait politik uang,”kata Ketua Panitia Pilkades tingkat Kabupaten, Alkadri, Kamis, 28 Oktober 2021.

Menurutnya, gugatan politik uang merupakan ranah dari Aparat Penegak Hukum (APH). Namun, proses Pilkades Padasuka hingga penghitungan suara berjalan sudah sesuai aturan dan mekanisme yang benar hingga mendapatkan hasil suara terbanyak bagi salah satu calon.

“Intinya, karena ini yang digugatnya politik uang maka pelantikan Calkades terpilih tetap dilakukan sesuai aturan yang ada,” terang Alkadri.

“Jika nanti hasil gugatan (politik uang) Seperti apa, itu ada aturannya lagi apakah di berhentikan atau sanksi lainnya. Yang jelas, saat ini karena prosesnya sesuai aturan maka Calkades terpilih tetap di lantik,” timpalnya.

Sementara Juru Bicara Calon Kades terpilih, Eli Sahroni menyatakan bahwa akan menyerahkan sepenuhnya persoalan ini pada aturan yang berlaku. 

Eli menilai, proses politik Pilkades Padasuka, berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, mulai dari pendaftaran bakal calon, proses pencoblosan, penghitungan suara, penetapan calon terpilih dan selanjutnya oleh panitia akan dikirim ke panitia kabupaten.

“Saya mewakili Calkades Padasuka terpilih Irawati, menyerahkan sepenuhnya kepada aturan yang berlaku,” pungkas pria yang malang melintang didunia organisasi ini.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...