Ada Reformasi Birokrasi, Banyak Pejabat Eselon IV di Cilegon Kehilangan Jabatan?

Date:

Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta saat memberikan keterangan pers soal duit Pensiunan PT Krakatau Steel Group. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Cilegon- Para pejabat eselon IV di Pemerintah Kota Cilegon akan segera digeser me jabatan fungsional. Ya, sebelumnya mereka menduduki jabatan struktural.

“Sudah ada perintah reformasi birokrasi, penyederhanaan, pergeseran dari struktural ke fungsional, 2021 ini harus sudah selesai,”Kata Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta usai Rapat Paripurna DPRD terkait penyampaian 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang salah satunya yakni tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Jumat, 5 November 2021.

Sanuji menyampaikan Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah tersebut sangat urgen untuk segera dibahas dan disahkan menjadi Perda.

Karena, Pemerintah Pusat melalui Kemen PAN-RB dan Kemendagri telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk melakukan penyederhanaan birokrasi salah satunya yakni berupa pengalihan jabatan administrasi Eselon III dan IV ke dalam jabatan fungsional.

Sanuji menuturkan, penyesuaian utama dalam Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah tersebut yakni menggeser jabatan struktural ke jabatan fungsional.

“Penyesuaian utamanya sebenarnya adalah menggeser struktural ke fungsional. Eselon IV hampir semua akan bergeser ke fungsional, walaupun hak-hak dia tidak berkurang,” ujarnya.

Sanuji juga menyampaikan, selain merubah susunan organisasi dan tata kerja (SOTK), beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) juga ada yang berubah dan dilebur.

“Wadah kelembagaannya harus disederhanakan. Ada satu dinas yang hilang, yakni Disparbud akan bergeser ke Dinas Pendidikan dan Dispora. Lalu ada Kabid (Kepala Bidang) yang dikurangi terutama Eselon IV digeser semua ke fungsional, semua harus mengalami penyesuaian, penyederhanaan,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...