Kantor Bahasa Banten Protes Banyak Lokasi Publik dan Dokumen Negara di Tanah Jawara Pakai Bahasa Asing

Date:

Kepala Kantor Bahasa Banten Halimi Hadibrata menyebutkan banyak lokasi publik dan dokumen negara di Banten menggunakan bahasa asing. (Bantenhits/Hendra Wibisana)

Tangerang- Kantor Bahasa Provinsi Banten meminta setiap pemerintah daerah di Tanah Jawara agar tidak menerbitkan izin pendirian perumahan, badan usaha, dan dokumen kenegaraan dengan menggunakan bahasa asing.

Bukan tanpa alasan, hal itu diutarakan Kepala Kantor Bahasa Banten Halimi Hadibrata untuk menjunjung tinggi martabat bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa yang kini kondisinya semakin terancam.

Menurut Halimi, penggunaan bahasa Indonesia sebagai nama lokasi publik telah diatur dalam Undang Undang Bahasa Nomor 24 tahun 2009.

“Jika ingin memakai bahasa asing sebagai nama tempat digunakan pada bagian bawah nama tempat dan bukan pada bagian atas,” ujarnya dalam acara bulan bahasa di Universitas Muhammadiyah Tangerang, Selasa 10 November 2021.

Halimi mengaku tidak dapat mengendalikan penggunaan bahasa asing sebagai nama tempat publik dan badan usaha disebabkan belum adanya Peraturan Daerah (Perda) di tingkat provinsi maupun di tingkat kota dan kabupaten yang mewajibkan penamaan sebuah tempat dan badan usaha menggunakan bahasa Indonesia.

“Kapasitas kami saat ini baru sebatas melakukan pengawasan dan tidak dapat melakukan tindakan karena belum adanya Perda,”imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pusat Bahasa Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Abdurrosyid mengatakan, Kantor Bahasa Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi sebagai benteng penjaga kedaulatan negara harus mengawal dan menjaga marwah bahasa Indonesia.

“Sebenarnya tidak layak jika penggunaan bahasa asing sebagai nama lokasi publik apalagi kata serapannya masuk dalam penyusunan dokumen negara,” terangnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...