Warga Larangan Gak Perlu Resah Lagi, Pemkot Tangerang Bangun Jembatan di Jalan Prof Dr. Hamka

Date:

Pemkot Tangerang saat membangun jembatan di jalan Prof Dr. Hamka. (Istimewa)

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang tengah melakukan pembangunan jembatan di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Bukan tanpa alasan, pembangunan dilakukan karena belakangan ini warga resah karena akses jalan Prof Dr. Hamka terputus akibat luapan air karena curah hujan yang tinggi.

“Sebenarnya ini buah dari usulan warga yang kami realisasikan. Dengan panjang bentang jembatan tujuh meter dan oprit kanan, kiri yaitu 25 meter,” kata Kepala Bidang Binamarga PUPR Kota Tangerang, Muhammad Ichsan dalam siaran pers yang diterima Bantenhits, Kamis, 11 November 2021.

Kata Ichsan, pihaknya bakal membangun jembatan dengan tinggi satu meter atau maksimal permukaan air yang meluap di jembatan tersebut.

“Ya, tentunya data ini kami sesuaikan dengan data di lapangan dan data skunder yang telah dikumpulkan. Adapun genangan yang kemarin hadir, bukan karena pembangunan ini,”katanya.

“Tetapi adanya penyempitan aliran di hilir sehingga terjadinya back water,” tambahnya.

Karena itu, menurut Ichsan, Dinas PUPR akan melakukan normalisasi di sekitar wilayah jembatan. Setelah pembangunan yang diperkirakan akan rampung pada (26/11/21).

Sehingga, lanjut Ichsan, setelah pembangunan selesai air di sekitar jembatan dapat mengalir dengan lancar dan tidak kembali ke drainase pemukiman atau bahkan masuk di rumah-rumah warga.

“Pembangunan ini salah satu skenario penanganan genangan di wilayah ini. Pertama kami (PUPR) lakukan pembangunan jembatan. Selanjutnya kita lakukan normalisasi lokal di wilayah sekitar jembatan hingga hilirnya,” terang dia.

Kendati demikian, Ichsan mengatakan, pihaknya tidak dapat bekerja sendiri. Oleh karenanya, Dinas PUPR Kota Tangerang saat ini sedang melakuakan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Banten untuk melakukan normalisasi di akses Puri Beta dan Ubud Village.

“Dengan pembuatan jembatan dan normalisasi yang dilakukan diharapkan genangan yang kemarin sempat mampir di rumah warga sudah tidak ada lagi. Dan perekonomian di sekitar Jalan Hamka ini bisa berjalan dengan lancar seperti sediakala,” pungkas Ichsan. (Advertorial)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...