Connect with us

Berita Terbaru

Tak Perlu Panik! Sederet Alat-alat Sederhana Ini Bisa Bermanfaat Tangani Amukan Si Jago Merah

Published

on

PMI Kota Tangerang dan BPBD saat menggelar simulasi kebakaran. (Istimewa)

Tangerang- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menggelar kegiatan pelatihan dan Simulasi Kebakaran di Lingkungan Kerja gedung PMI Kota Tangerang, Jumat, 12 November 2021.

Acara yang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kota Tangerang ini bertujuan untuk pemetaan risiko bencana di lingkungan kerja PMI Kota Kota Tangerang.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah mengatakan, kegiatan tersebut seluruh komponen PMI mengikuti pelatihan untuk penanggulangan kebakaran.

“Jangan sampai jika terjadi kebakaran di lingkungan sendiri, tapi kita tidak tahu menanganinya, semoga simulasi ini bermanfaat untuk kita semua,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, PMI juga menyampaikan beberapa faktor penyebab kebakaran hingga proses penanganannya.

BACA :  Tak Mau Omicorn Masuk, Pemkab Pandeglang Tutup Alun-alun Hingga Padamkan Lampu saat Malam Tahun Baru

Kepala Bagian Tata Usaha Tb Hudaibi Alakmili, menyampaikan kebakaran bjsa terjadi oleh beberapa faktor seperti kelalaian, proses terjadi api, adanya panas, bahan bakar dan udara. Sedangkan untuk memadamkan api dengan menggunakan pendinginan, penguraian, dan oksidasi.

Kata Hudaibi, ada beberapa alat pemadam tradisional atau sederhana yang bisa digunakan untuk menangani amukan si Jago merah diantaranya Karung Goni, Pasir dan Lumpur.

Meski demikian ada teknik sendiri dalam penggunaannya sehingga kobaran api bisa diminimalisir.

Sedangkan bagi mereka yang ingin simpel bisa menyiapkan alat pemadam api secara modern yaitu Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang terbuat dari tepung kimia kering, jenis gas, dan busa.

BACA :  DPKPP Pandeglang Klaim Pembangunan Kotaku di Kampung Nelayan Tak Ada Masalah

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler