Kerelaan Prabowo Masuk Kabinet Jokowi Kini Bikin Hati Para Penentangnya Lumer

Date:

Kunjungan Prabowo di daerah
Kunjungan calon presiden Prabowo Subianto di sejumlah daerah pada Pilpres 2019 selalu disambut lautan manusia. (Istimewa)

Jakarta – Keputusan politik Prabowo Subianto menjadi menteri Jokowi seusai Pilpres 2019 memang cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Jokowi merupakan rival politik Prabowo sejak Pilpres 2014 hingga 2019.

Kerasnya rivalitas Jokowi – Prabowo saat itu, bahkan harus diakui telah membuat masyarakat Indonesia terbelah.

Dalam wawancara dengan Podcaster yang juga Mentalist Deddy Corbuzier, Prabowo menyebutkan alasannya bergabung ke dalam Kabinet Jokowi-Ma’ruf karena dirinya dan Jokowi sama-sama ingin bekerja untuk Indonesia.

Keputusan Prabowo bergabung bersama Jokowi ternyata mampu membuat pendukung Jokowi yang dulu ‘penentang’ keras Prabowo justru mulai berbalik jatuh hati kepada Prabowo.

Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil survei yang digelar Indonesia Survey Center. Hasil survei menyebutkan, 22,7 persen dari 1.520 responden mengaku akan memilih Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Dari 22,7 persen itu, ternyata sebanyak 10,9 persen merupakan pemilih Presiden Jokowi di Pilpres 2019.

Dikutip BantenHits.com dari CNNIndonesia.com, peneliti senior dari Indonesia Survey Center, Chairul Ansari, menilai kondisi tersebut tak terlepas dari keputusan Prabowo yang menerima tawaran Jokowi untuk menjadi menteri pertahanan.

“Yang cukup mengejutkan dalam survei ini adalah bahwa para pemilih Jokowi 2019 ternyata mulai jatuh hati pada Prabowo yang pernah menjadi rival politik pada Pemilu 2014 dan 2019,” kata Chairul dalam konferensi pers, Minggu, 14 November 2021.

Chairul menyebut sikap Prabowo itu dianggap mengesampingkan rivalitas politik dan mencairkan polarisasi politik 2014 dan 2019. Ketua Umum Partai Gerindra itu pun akhirnya mendapat apresiasi dari para pendukung Jokowi.

“Sikap demokratik Prabowo ini pantas saja memeroleh dukungan dari pendukung Jokowi,” ujarnya.

Dalam survei Indonesia Survey Center, Prabowo menempati urutan pertama sebagai orang yang paling banyak dipilih untuk capres di 2024.

Posisi berikut berturut-turut ditempati oleh Ganjar Pranowo dengan 12,6 persen; Anies Baswedan 12,2 persen; Sandiaga Uno 5,7 persen; AHY 4,5 persen; Ridwan Kamil 4,3 persen.

Warga NTT Ramai-ramai Gotong Patung Jokowi 700 Kg ke Puncak Bukit
Selanjutnya ditempati Puan Maharani 3,6 persen; Airlangga Hartarto 2,9 persen; Tri Rismaharini 2,7 persen; Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen; Mahfud MD 1,1 persen; Erick Thohir 0,7 persen.

Kemudian Gatot Nurmantyo 0,4 persen; Tito Karnavian 0,4 persen; Basuki Thajaja Purnama 0,3 persen; Moeldoko 0,2 persen; dan Muhaimin Iskandar 0,2 persen. Sementara itu 23,4 persen publik masih belum dapat menentukan pilihannya.

Survei ini dilakukan dalam rentan waktu 7-21 Oktober 2021. Jumlah sampel sebanyak 1.520 responden dengan margin of error sebesar 2,5 persen. Adapun teknik pencuplikan sampling menggunakan metode multistage random sampling dengan pengumpulan data direct interview.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...