Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Lebak Bakal Bangun Embung di Rangkasbitung Atasi Banjir Wilayah Perkotaan

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Warga saat melintasi genangan banjir. Meluapnya Sungai Ciranjieun menyebabkan puluhan rumah di Nameng Rangkasbitung terendam banjir. (Banten Hits/ Fariz Abdullah)

Lebak- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan membangun embung atau cekungan penampung air di wilayah Rangkasbitung.

Bangunan yang rencananya akan dibangun di sekitar Sentral, Kecamatan Rangkasbitung itu menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi genangan atau banjir yang kerap melanda wilayah perkotaan seusai diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak Irvan Suyatupika mengatakan, rencana pembangunan Embung akan dilakukan pada tahun 2022.

“Ini untuk menampung limpasan air hujan dari wilayah Sentral sekitarnya, termasuk dari Cimesir kan masuk ke situ,” kata Irvan, Minggu, 21 November 2021.

BACA :  BPMPPD : Pilkades Cijeruk Tetap Digelar Coreng Nama Baik Pemda

Ketika Kali Barangbang sudah tidak bisa menampung air dari curah hujan yang tinggi, maka ujar Irvan, akan tertampung terlebih dahulu di Embung Sentral.

“Sama ketika dengan Sentral, Depag, dan Palaton, semuanya kan bermuara di sana. Jadi kalau sudah tertampung di sini (Embung-red) rencananya disiapkan pintu, ketika meluap pintu dibuka untuk mengalir ke Sungai Ciberang,” papar Irvan.

Saat ini, rencana pembangunan Embung yang luasnya sekitar 2 hektare dalam tahap penjajakan dan soal pengadaan lahan.

“Karena setiap kali kita membangun Embung tidak pernah ada pengadaan tanah, selama ini Embung-embung yang dibangun Bidang SDA (Sumber Daya Air) adalah tanah warga yang siap untuk dibangun,” katanya.

BACA :  Suami Antre Beli Tiket, Wanita Ini Melahirkan di Toilet Pelabuhan Merak

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler