Connect with us

Berita Terbaru

Siklon Tropis Paddy Terpantau Muncul di Samudera Hindia, Lakukan Ini Jika Anda Harus Mengemudi

Published

on

Auto2000 bagikan tips bagi pengguna Mobil Toyota jika siklon tropis paddy muncul. (Foto Ilustrasi; Dok. Auto2000)

Jakarta – Beberapa hari terakhir, siklon tropis paddy terpantau di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah. Kemunculannya ditandai angin kencang berkecepatan hingga 75 km/jam.

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat merupakan dampak lain dari siklon tropis paddy ini.

Yang harus diwaspadai dari kemunculan siklon tropis paddy adalah angin kencang yang berpotensi menimbulkan bencana.

Nah, bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, perhatikan tips dari Auto2000 berikut ini supaya Anda tetap dapat mengemudi mobil dengan aman dan nyaman di tengah risiko badai.

1. Pantau Kondisi Cuaca Aktual

AutoFamily bisa memantau perkembangan cuaca dari smartphone. Bila ada potensi hujan lebat atau angin kencang, lebih baik tunda perjalanan.

Kalau tetap harus berkendara, atur waktu yang paling aman, seperti tunggu hingga angin kencang reda. Manfaatkan peta digital untuk memilih rute yang paling aman dari potensi macet. Pantau pula kanal social media akun resmi polisi yang sering memberikan info terkini lalu lintas dan cuaca.

BACA :  PWNU Banten: NU Bukan Organisasi Politik

2. Segera Kurangi Kecepatan Mobil

Segera kurangi kecepatan mobil sekitar 20% atau 20-30 km/jam ketika melalui kawasan yang sedang turun hujan, apalagi jika disertai angin kencang yang bisa menyulitkan dalam memantau kondisi sekitar dan mengendalikan mobil.

3. Fokus dan Waspada Saat Mengemudi

Jangan mengalihkan perhatian seperti bermain ponsel dan fokus hanya pada mengemudi mobil. Hati-hati dalam manuver sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

4. Jaga Jarak Aman di Jalan

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain melakukan pengereman kendaraan secara mendadak.

5. Pastikan Fitur Mobil Bekerja dengan Baik

Selain ban dan rem, fitur atau perangkat lain yang harus diperhatikan di antaranya adalah wiper, lampu, AC, hingga aki mobil.Pastikan kondisinya dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau mengorder layanan THS – Auto2000 Home Service.

BACA :  Sedot APBD Pandeglang Rp150 Juta, Event Olahraga Bupati Cup Masih Pungut Biaya Pendaftaran Rp200 Ribu

6. Hindari Pohon atau Obyek Besar Tumbang

Kalau tiba-tiba di depan AutoFamily ada obyek seperti pohon tumbang akibat angin kencang, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut. Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil atau jalur jalan yang dilalui, cukup angkat kaki dari pedal gas sembari waspada kondisi sekeliling mobil.

Tidak perlu manuver menghindar atau mengerem mendadak bila tidak diperlukan. Jika jatuhnya obyek ke arah mobil atau ke jalur yang akan AutoFamily lewati, lakukan pengurangan laju dengan melakukan pengereman, sesuaikan daya pengereman dengan situasi di lapangan.

Kalau aman dan jika memang dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindar ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

7. Langkah Darurat Saat Gagal Menghindar

Bila terkena obyek besar yang terlempar atau tumbang akibat angin kencang, pastikan semua penumpang tidak mengalami cidera. Selamatkan barang pribadi seperti dompet atau ponsel, dan jangan memaksakan menyelamatkan barang lain seperti tas di bagasi. Segera keluar mengingat potensi bahaya masih ada. Seperti pohon lain tumbang, aliran listrik yang menimpa mobil, atau risiko kena tabrak mobil lain dari belakang.

BACA :  Diduga Terlilit Jaring untuk Menangkap Ikan, Pria Paruh Baya di Cikeusik Pandeglang Hilang Terseret Ombak

Untuk pemilik Toyota yang membeli mobil baru di cabang Auto2000, bisa menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) yang dioperasikan AstraWorld. Tim ERA siap melayani dan membantu selama 24 jam 7 hari dan bisa dikontak via CALL AstraWorld di nomor 1-500 898.

“Cuaca buruk dapat terjadi kapan saja, termasuk ketika AutoFamily mengemudi mobil di jalan. Langkah terbaik adalah melalui persiapan kondisi diri dan kendaraan supaya tidak mengalami masalah. Auto2000 siap membantu melalui servis berkala ditambah berbagai program promo menguntungkan. Segera kunjungi  Auto2000.co.id sekarang.,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 Jumat, 26 November 2021 melalui keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com.

Editor: Fariz Abdullah



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler