Connect with us

Berita Terbaru

Bahaya! Kenali Istilah Aquaplaning yang Dialami Kendaraan Anda dan Cara Mengatasinya

Published

on

Butuh strategi khusus untuk mengemudi di jalan tol dalam kondisi hujan, salah satunya dengan mewaspadai aquaplanning. Foto ilustrasi: AutoFamily sedang mengemudi. (Dok. Auto2000)

Jakarta – Istilah aquaplaning merujuk pada kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air yang dangkal yang sering tidak terlihat dari jauh.

Risiko ketika mengalami aquaplanning adalah mobil tidak bisa dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Kondisi semacam ini sering ditemui di jalan tol akibat hujan yang sangat deras dan sistem drainase yang membutuhkan waktu untuk mengalirkan air hujan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Auto2000 sebagai diler resmi Toyota, memberikan tips kepada AutoFamily untuk mengatasi aquaplanning.

Jika mobil terkena aquaplaning, tetap tenang dan fokus, mengingat aquaplaning hanya berlangsung sesaat.

Kemudian hindari manuver mendadak seperti pindah lajur yang akan memperburuk keadaan karena mobil lebih sulit dikendalikan dan tidak melakukan pengereman mendadak.

Cukup angkat kaki dari pedal gas dan tahan kemudi lurus ke depan. Biarkan kecepatan mobil berkurang secara perlahan dan ban mendapatkan kembali daya cengkeram ke jalan.

BACA :  Melirik Produksi Gitar Akustik WBP Lapas Rangkasbitung; Bernilai Jual Tinggi hingga Diakui Ariel NOAH

Selain tips mengatasi aquaplanning, Auto2000 juga membagikan strategi khusus saat mengemudi mobil di musim hujan, apalagi ketika berkendara di jalan tol.

Jalan licin akibat hujan deras semakin sulit dilewati lantaran daya pandang pengemudi terbatas akibat angin kencang sehingga membuat mobil dapat sulit dikendalikan.

Menurut Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, saat mengemudi di jalan tol yang sedang dilanda hujan diperlukan kewaspadaan dan strategi khusus agar perjalanan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.

“Salah satunya adalah memastikan mobil dalam kondisi prima. Auto2000 siap membantu melalui pengecekan dan servis berkala. Segera kunjungi website Auto2000.co.id untuk booking dan dapatkan beragam program servis yang menguntungkan,” jelas Nur Imansyah Tara, Minggu, 28 November 2021 melalui keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com.

Berikut strategi yang harus dijalankan oleh AutoFamily ketika mengemudi di jalan tol dengan kondisi hujan:

1. Pastikan Kondisi Ban Mobil

Ban merupakan komponen mobil yang wajib diperhatikan saat musim hujan karena hanya ban yang melakukan kontak langsung dengan jalan.

Saat ban bermasalah, AutoFamily akan kesulitan mengendalikan mobil ketika hujan turun. Oleh karenanya, pastikan kondisi ban dengan memeriksa tekanan angin, telapak, alur, dan dinding ban dari potensi aus dan rusak. Segera ganti di bengkel Auto2000 bila ditemukan masalah pada ban mobil.

BACA :  Pohon Tumbang Rusak Rumah Warga dan Putus Aliran Listrik di Panimbang

2. Periksa Komponen Mobil Lainnya

Selain ban, komponen mobil lain wajib diperiksa, seperti lampu, AC, dan wiper, termasuk cairan pembersih kaca depan.

Lampu senja dan sein dalam kondisi baik membantu pengguna jalan lain memantau manuver mobil AutoFamily Namun bila lampu utama yang tidak berfungsi dengan baik justru mengganggu pandangan.

Pendingin kabin yang rusak bisa membuat kaca depan berkabut sehingga menutup visibilitas keluar mobil. Wiper yang bermasalah juga akan menyulitkan, terutama saat hujan sangat deras dan hembusan angin terbilang kencang.

3. Mengemudi Sesuai Prinsip Safety Driving

Perhatikan beberapa hal berikut saat mengemudi di jalan tol yang licin akibat hujan. Pertama adalah segera turunkan kecepatan mobil sekitar 20-30 km/jam atau 20% dibandingkan kondisi normal sehingga AutoFamily memiliki kontrol lebih baik atas mobil di tengah kondisi jalan yang sulit diprediksi.

BACA :  Tak Mau Omicorn Masuk, Pemkab Pandeglang Tutup Alun-alun Hingga Padamkan Lampu saat Malam Tahun Baru

Berikutnya adalah menjaga jarak aman antar kendaraan untuk memberikan kesempatan bertindak jika ada kejadian darurat seperti mobil lain mengerem mendadak atau menemui  genangan air di depan.

4. Waspada Aquaplaning

Aquaplaning adalah kondisi yang dialami ban mobil seperti yang telah diulas di atas. Cara mengatasinya tetap tenang dan fokus karena aquaplanning adalah kondisi sesaat.

5. Menjaga Perilaku Mengemudi di Jalan Tol

Lakukan adaptasi pada kondisi jalan dengan memperhatikan reaksi mobil saat dikemudikan dan waspada lingkungan sekitar mobil. Apalagi saat hujan umumnya lalu lintas akan melaju lebih lambat bahkan macet bila ada genangan air. Di sini kesabaran AutoFamily akan diuji supaya tetap tenang dan waspada dalam berkendara.

6. Servis Berkala Mobil

Rutinitas menjaga kondisi mobil menjadi  wajib hukumnya saat memasuki musim hujan demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Servis berkala memastikan seluruh komponen mobil dapat berfungsi optimal, temasuk saat hujan turun.

Selain itu, spare parts yang sudah waktunya diganti karena usia pakai, aus atau rusak akan diganti dengan yang baru untuk menjaga kinerja mobil. Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily bisa menjalani servis berkala di bengkel Auto2000 atau memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service.

Editor: Fariz Abdullah



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler