Jangan Coba-coba Bikin Kejahatan di Banten! Polisi Akan Tembak di Tempat demi Lindungi Warga

Date:

Kapolda Banten Irjen Pol. Rudy Heriyanto perintahkan anggotanya tembak di tempat pelaku kejahatan jalanan yang mengancam jiwa. Foto: Dok. BantenHits.com.

Serang – Perintah tegas disampaikan Kapolda Banten Ijen Pol. Rudy Heriyanto kepada seluruh jajarannya. Rudy meminta, anggotanya melakukan tindakan tegas berupa tembak di tempat kepada berandal jalanan yang mengancam jiwa.

“Berandal jalanan termasuk street crime. Untuk menghentikan bahaya yang ditimbulkan dari berandalan jalanan itu, saya perintahkan jajaran untuk berani bertindak tegas, kalau perlu tembak di tempat,” kata Rudy kepada wartawan di Mapolda Banten, Kamis, 9 Desember 2021 seperti dikutip BantenHits.com dari Kompas.com.

Menurut Rudy, tindakan tegas itu dilakukan demi keselamatan masyarakat yang menjadi prioritas dan anggotanya saat bertugas.

“Jangan ragu gunakan senjata api yang dimiliki guna menghentikan ancaman yang membahayakan keselamatan masyarakat dan personel dalam bertugas,” ujar Rudy.

Penggunaan senjata api oleh personel kepolisian, lanjutnya, dapat dilakukan untuk melindungi nyawa orang lain, membela diri dari ancaman kematian dan luka berat.

“Sesuai Pasal 47 Perkap Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi HAM disebutkan bahwa penggunaan senjata api untuk melindungi jiwa orang lain dan diri sendiri,” kata Rudy.

Rudy mengatakan, tindakan tegas ini juga menjadi pencegahan timbulnya korban jiwa dan korban luka.

Meski begitu, Rudy mengingatkan anggota untuk tetap memperhatikan standar operasional prosedur (SOP), dan tidak menyalahgunakan senjata api.

“Sepanjang kita pedomani Perkap (Peraturan Kapolri), personel Polda Banten tidak perlu takut,” kata Rudy.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...