Connect with us

METROPOLITAN

SMP Negeri Paksakan Jumlah Penerimaan Siswa Baru, 12 SMP Swasta di Kabupaten Tangerang Gulung Tikar

Published

on

12 SMP Swasta di Kabupaten Tangerang terpaksa gulung tikar karena tak ada murid yang mendaftar. Foto ilustrasi: Siswa SMP Negeri 5 Tigaraksa saat menjalani vaksinasi Covid-19. (Dok.BantenHits.com)

Tangerang – 12 Sekolah Menengah Pertama atau SMP swasta di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten terpaksa berhenti beroperasi atau ditutup.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Saifullah mengatakan, salah satu penyebab 12 SMP swasta di Kabupaten Tangerang ini tutup karena SMP negeri terlalu memaksakan jumlah penerimaan siswa baru.

Saifullah dalam keterangannya, Kamis, 9 Desember 2021 mengatakan, SMP negeri terlalu memaksakan menerima siswa melebihi ketentuan 32 siswa dalam satu rombongan belajar atau kelas. Bahkan satu SMP negeri ada yang siswanya dalam satu kelas berjumlah 45 siswa.

“Sejak tahun ajaran 2021/2022, ada setidaknya 12 SMP swasta yang harus tutup karena secara berturut-turut tidak ada siswa yang mendaftar di sekolah tersebut. Dan itu sudah tercatat di Dapodik Tangerang dan sesuai aturan Kemendikbud, kalau kejadiannya seperti itu ya harus close,” ungkap Saifullah seperti dikutip BantenHits.com dari BeritaSatu.com.

“Sehingga ke depan harus diawasi agar SMP negeri tidak melebihi menerima siswa. Itu agar SMP swasta tetap berjalan,” tambahnya.

BACA :  Sambut HUT RI, Polisi dan Muspika Tigaraksa Tangerang Bagikan Ratusan Bendera

Selain itu, belasan SMP yang tutup itu tidak bisa menunjukan prestasi sehingga banyak orangtua siswa yang tidak tertarik menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut sehingga menyebabkan sekolah tersebut tidak mendapatkan siswa,.

“Kalau SMP swasta itu harusnya bisa menunjukan prestasi agar bisa menarik simpati orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Kalau tidak bisa ya nasibnya akan seperti 12 SMP itu. Makanya kita berharap semua sekolah di Kabupaten Tangerang harus punya prestasi agar bisa menarik siswa. Dan itu yang kita dorong ke depannya,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler