Connect with us

Berita Terbaru

Pembangunan Area Parkir Stadion Seruni Cilegon Bakal Pakai Agregat Slag Baja

Published

on

Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat mendengarkan pemaparan soal penggunaan agregat slag baja pada pembangunan area parkir stadion Seruni Cilegon. (Istimewa)

Cilegon- PT Krakatau Posco mendonasikan 22.088 ton agregat slag baja untuk pembangunan Krakatau Posco Eco-Parking Area di Stadion Seruni, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. 

Pembangunan Eco-Parking sendiri rencananya akan dilakukan di atas lahan seluas 2 hektare.

“Sebagai informasi, agregat slag baja merupakan suatu produk samping yang dihasilkan dari Pabrik Baja Terpadu Krakatau Posco untuk menggantikan agregat alam yang saat ini banyak digunakan dari hasil pengerukan batu alam,”kata Direktur Technology and Business Development PT Krakatau Posco, Zaenal Arifin Muslim.

BACA :  Polda Banten Amankan 22 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Kata Zaenal, Krakatau Posco Eco-Parking tersebut merupakan suatu proyek percontohan dalam penggunaan produk ramah lingkungan.

Implementasi penggunaan agregat slag baja untuk Eco-Parking Area ini, menurut Zaenal dimulai sejak November hingga Desember 2021. 

“Atas pemaparan tersebut, maka area parkir ini dikategorikan sebagai Eco-Parking Area karena produk ramah lingkungan yang digunakan,”katanya.

Selain dapat menggantikan peran dari agregat alam, Zaenal menjelaskan bahwa agregat slag baja ini juga memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan agregat alam dan agregat slag lainnya.

Berdasarkan beberapa pengalaman proyek yang menggunakan agregat slag baja, keunggulan lainnya adalah proses pemadatan dapat berjalan lebih cepat.

Hal ini karena bentuk agregat slag baja yang lebih kubikal dapat dengan cepat mengikat dan mengunci satu sama lain. Dengan demikian, waktu pekerjaan pemadatan dapat lebih efisien.

BACA :  Kawanan Begal Bersenpi Beraksi di Pondok Aren Tangsel

“Penggunaan slag baja tidak terbatas hanya untuk area parkir atau jalan, secara global, slag baja juga dapat digunakan untuk pembuatan beton, pupuk, terumbu karang buatan, dan lain sebagainya,”bebernya.

PT Krakatau Posco, menurut Zaenal terus berupaya mengembangkan variasi penggunaan slag baja dan siap mendukung Pemerintah Kota Cilegon dalam melakukan pembangunan kota ramah lingkungan seperti penggunaan beton berbahan baku slag baja untuk Green-Building. 

“ini sejalan dengan program pemerintah pusat untuk megurangi efek gas rumah kaca. Dikutip dari website Nippon Slag Association, penggunaan slag baja untuk beton setidaknya dapat menurunkan emisi CO2 sebesar 40%,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler