Survei Membuktikan Elektabilitas Prabowo Subianto Naik Juga Disukai Gen Z dan Millenials

Date:

Menhan Prabowo Subianto menjawab ancaman kapal perang China di laut Natuna, dengan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140. (Foto/Kiswondari)

Jakarta – Nama Prabowo Subianto muncul dengan popularitas dan elektabilitas paling tinggi di kalangan generasi Z dan millenials berdasarkan survei yang digelar Indopol Survey & Consulting.

Dikutip BantenHits.com dari Kompas.com, penelitian dilangsungkan pada 19-27 November 2021 terhadap 1.230 responden generasi Z dan milenial.

Uniknya, Prabowo memiliki popularitas yang menyamai Sandiaga Uno, mantan tandemnya di Pilpres 2019 yang secara usia dan pembawaan jauh lebih muda.

“Kalau dilihat popularitas, Prabowo Subianto sudah cukup besar, di angka 92,52 persen, bahkan hampir sama dengan Sandiaga Uno 92,32 persen. Sandiaga Uno ini cukup efektif pengenalan publiknya,” sebut Direktur Eksekutif Indopol Survey & Consulting, Ratno Sulistiyanto, dalam rilis survei yang ditayangkan di kanal resmi YouTube Indopol Survey Channel, Minggu, 19 Desember 2021.

Ratno menjelaskan, survei ini dilakukan dengan pengambilan sampel bertingkat acak, di mana jumlah responden di setiap provinsi diambil secara proporsional berdasarkan jumlah penduduk Indonesia tahun 2020.

Survei kuantitatif ini memiliki margin of error sekitar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Elektabilitas Prabowo sebesar 13,58 persen juga tertinggi, melampaui Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di urutan 2 dan 3.

“Ketika kami menyodorkan nama, 23 nama dengan pertanyaan semiterbuka, generasi Z dan milenial lebih cenderung kepada Prabowo Subianto,” kata Ratno.

Elektabilitas Prabowo Meningkat

Di hari yang sama, Minggu, 19 Desember 2021, Survey & Polling Indonesia (SPIN) mengumumkan hasil survei tentang preferensi publik tentang kepemimpinan nasional 2024-2029.

Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto unggul dibandingkan sejumlah tokoh nasional lain. Berdasarkan survei, elektabilitas Prabowo yaitu 23,2 persen.

“Jika survei SPIN periode Agustus 2021 dikomparasi dengan survei saat ini, menunjukkan adanya pola peningkatan keterpilihan terhadap Prabowo sebesar 1,3 persen (21,9 persem menjadi 23,2 persen),” kata Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam konferensi pers hasil survei yang disiarkan secara daring, Minggu, 19 Desember 2021 seperti dikutip BantenHits.com dari Kompas.com.

Sementara itu, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yaitu 13,1 persen.

Kemudian, elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,8 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 5,5 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 4,4 persen.

“Meskipun demikian masih sangat terbuka peluang bagi para calon karena ada sebesar 18,3 persen yang belum dapat menentukan pilihannya,” ujar Igor.

Selain itu, lanjut Igor, SPIN juga mengukur opini publik tentang tingkat kepantasan (suitabilitas) para tokoh nasional tersebut untuk menjadi calon presiden 2024.

Berdasarkan survei, Prabowo kembali menempati urutan pertama dengan tingkat kepantasan mencapai 77,8 persen. Kemudian, disusul Ganjar (73,3 persen), Anies (73,1 persen), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (72,4 persen).

Ada pula Sandiaga (70,8 persen), Ketua DPR Puan Maharani (70,8 persen), dan Ridwan Kamil (68,6 persen).

“Dari variabel pertanyaan tersebut ditemukan bahwa Prabowo memiliki persentase kepantasan tertinggi, disusul Ganjar Pranowo, Anies, Airlangga, Sandi, dan Puan,” ucapnya.

Survei SPIN tersebut diselenggarakan pada 22 November-1 Desember 2021 dengan 1.670 responden yang tersebar di 34 provinsi.

Pengumpulan data yaitu wawancara dengan bantuan kuesioner. Metode penelitian multi-stage random sampling. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error sekitar 2 ,4 persen.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...