Connect with us

Berita Terbaru

Akses Kemudahan Informasi Hingga Pendaftaran Kartu Kuning Melalui Aplikasi SIPUTERI Milik Pemkab Pandeglang

Published

on

Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskomsantik Pandeglang, Mia Maulani Rizki usai memberikan keterangan pers terkait aplikasi SIPUTERI. (BantenHits.com/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, memberikan kemudahan untuk para pencari kerja dalam membuat kartu kuning atau AK1 melalui aplikasi SIPUTRI.

Aplikasi yang baru diterbitkan baru-baru ini sudah bisa diakses di google playstore. Selain bisa digunakan untuk pendaftaran kartu kuning, aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan layanan Pengelola Informasi Daerah.

Sehingga masyarakat yang membutuhkan informasi cukup mengakses SIPUTERI untuk mengajukan permohonan. Sistem Satu Data dan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH) juga sudah bisa diakses di aplikasi tersebut.

BACA :  DPRD Kota Tangerang Bahas Raperda Koperasi; Upaya Berantas Keberadaan Rentenir dan 'Bangke'

Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskomsantik Pandeglang, Mia Maulani Rizki menjelaskan, untuk beberapa layanan publik lain masih bersifat web view, karena pusat datanya belum dalam satu entitas.

“Aplikasi layanan publik di Pandeglang bukan hanya berasal dari Pemkab Pandeglang, ada juga yang langsung menggunakan aplikasi pusat,” katanya, Jumat 24 Desember 2021.

Dikatakan Mia, seperti aplikasi Sicantik dan SP4N Lapor, itu merupakan aplikasi milik pemerintah pusat, namun bisa diakses melalui aplikasi SIPUTERI dengan sistem web view.

Mia menjelaskan, selain menyediakan integrasi layanan publik, SIPUTERI juga memiliki fitur informasi wisata, laporan cuaca, info Covid-19 dan vaksin hingga layanan pengaduan.

“Ini sesuai dengan semangat Pemkab Pandeglang dalam membuka informasi yang seluas-luasnya bagi warga Pandeglang,” ujarnya.

BACA :  PPKM Saat Tepat Genjot Vaksinasi; Jangan Libatkan BIN karena Bukan Tupoksinya, Mending Libatkan Kader PKK dan Posyandu

“Target kita, kedepannya secara bertahap, aplikasi layanan publik milik Pemkab Pandeglang bisa diakses di SIPUTERI. Mudah-mudahan, login juga menggunakan NIK,” pungkasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler