Oknum yang Diduga Catut Nama Bupati Pandeglang untuk Tilep BOP PAUD Ternyata ASN

Date:

Ilustrasi. BOP. (porosjakarta.com)

Pandeglang – Nama oknum yang diduga mencatut Bupati Pandeglang, Irna Narulita untuk menilep Bantuan Oprasional Pendidikan (BOP) lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) terungkap.

Oknum tersebut merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial M yang bertugas di salah satu Dinas. Sebelumnya oknum tersebut pernah bertugas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud).

“Dia PNS statusnya, tapi bukan orang Dindikbud. Sekarang tugasnya di Dinas Lingkungan Hidup, inisialnya M,” kata Sekretaris Dindikbud Pandeglang, Sutoto, Sabtu 1 Januari 2021.

Sutoto mengakui mendapat intruksi dari Bupati Pandeglang untuk melakukan klarifikasi ke sejumlah PAUD dan yang bersangkutan. Namun sejauh ini, pihaknya bersama Inspektorat masih fokus memeriksa PAUD.

“Memang pihak yang disangkakannya (M) belum saya temui, saya kan perlu bertanya dulu. Itu nanti ranahnya Inspektorat yang mendalami dengan yang bersangkutan, sekarang masih kita kroscek lembaga (PAUD)-nya dulu,” jelasnya.

Meski demikian, Sutoto meyakini dana BOP PAUD tak mungkin bisa dipotong oleh oknum tersebut. Sebab BOP dicairkan langsung oleh PAUD melalui sistem transfer ke rekening masing-masing.

Sementara mengenai dugaan dana tersebut diarahkan untuk pembelian buku, ia menegaskan tak semua lembaga menganggarkan bantuan itu untuk kebutuhan tersebut.

“Karena bukan tunai, jadi tidak ada potong memotong, itu lembaga (PAUD) yang mengakui langsung,” tandasnya.

Terpisah, oknum ASN M menganggap isu yang beredar soal mencatut nama Bupati yang menyeret namanya tidak benar.

“Enggak benar itu, berita itu,” singkat M

Sebelumnya diberitakan Nama Bupati Pandeglang, Irna Narulita dicatut untuk melakukan dugaan pungutan liar (Pungli) Bantuan Oprasional (BOP) untuk 672 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Informasi yang dihimpun, lembaga PAUD menerima bantuan dari APBN sebesar Rp5 juta. Namun, ada oknum yang diduga menyunat duit tersebut dengan dalih disisihkan untuk pembelian buku sebesar Rp3 juta dengan mengatasnamakan Bupati Pandeglang.

Bupati Pandglang, Irna Narulita membenarkan bahwa namanya telah dicatut untuk dugaan pungli tersebut. Ia juga mendapat informasi itu dari anggota DPRD Banten.

“Iya, jadi kemarin ada DPRD Provinsi nanya masalah itu (Pungli BOP Paud). Katanya atas nama Bupati, setiap oknum gitu tuh, atasnama Bupati,” kata Irna saat dihubungi wartawan, Kamis 30 Desember 2021.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...