Dana BOP PAUD Ditilep Oknum ASN yang Catut Nama Bupati, Anggota DPRD Banten Datangi Inspektorat Pandeglang

Date:

Anggota DPRD Banten Fitron Nur Ikhsan saat memberikan keterangan pers  (dok.BantenHits.com)

Pandeglang – Anggota DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan mengaku banyak menerima keluhan dari kepala sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Pandeglang, terkait pemaksaan pembelian buku yang diduga dikoordinir oleh oknum ASN berinisial M.

Pembelian buku ini diharuskan kepada PAUD yang menerima dana Bantuan Oprasional Pendidikan (BOP). Nominal pembelian buku juga ditentukan oleh M, yakni sebesar Rp3 juta. Dalam askinya M juga mencatut nama Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

“Yang dimaksud adalah, terjadi pengkondisian dan pengkoordiniran pembelian paket buku yang disisihkan dengan nilai rupiah yang beragam dari Rp3-3,8 juta,” kata Fitron saat mendatangi Inspektorat Pandeglang, Rabu 5 Januari 2022.

Fitron mengatakan, kedatangan dia ke inspektorat untuk memberikan keterangan terkait dugaan tersebut. Sebab beberapa waktu lalu, Fitron pernah mengirimkan sebuah chat yang berisi informasi pengkondisian pembelian buku melalui dana BOP.

“Apalagi dikoordinir dan banyak keberatan yang disampaikan para kepala sekolah PAUD kepada saya. Hal itulah yang mendorong saya untuk memadamkan api ini (pengondisian pengadaan buku) dengan mengirimkan pesan khusus kepada Bupati Pandeglang, bukan kepada wartawan,” jelasnya.

Fitron juga memberikan rekomendasi kepada Bupati agar langsung mengintruksikan melalui surat edaran kepada semua Kepala Sekolah PAUD di Kabupaten Pandeglang untuk tidak melanjutkan pembelian buku itu.

“Bila perlu (PAUD) tidak membayar dan tidak mengembalikan buku itu, lalu kemudian uang itu digunakan untuk belanja kebutuhan sekolah yang jauh lebih penting,” harapanya.

Sementara, Inspektur Pembantu (Irban) I Inspektorat Pandeglang, Gunara enggan memeberikan keterangan apapun. Bahkan saat dihubungi melalui panggilan WA beberapa kali, tak menjawabnya.

Diketahui oknum ASN inisial M yang diduga mengkoordinir pembelian buku PAUD ini tidak bertugas di Dinas Pendikan.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related