Connect with us

Berita Terbaru

Reaktivasi Jalur Mati Kereta Api Pandeglang-Labuan Masuk Tahap Study Kelayakan

Published

on

Double track Kereta Api Tangerang-Jakarta

Study Kelayakan Reaktivasi Jalur Kereta Api Pandeglang- Labuan mulai berjalan. (Net)

Pandeglang – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali melanjutkan rencana reaktivasi jalur kereta api segmen II dari Pandeglang menuju Labuan.  Tahun 2022 ini, Kemenhub akan mulai melakukan study kelayakan di jalur mati sepanjang 37,9 kilometer Pandeglang – Labuan.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jakarta-Banten, Rode Paulus Gagok Pudjiono mengatakan, penggarapan reaktivasi akan dimulai dengan study dampak sosial kemasyarakatan.

Ia merinci, akan ada target 36 kelurahan di Pandeglang untuk diinventarisasi dalam lanjutan kelayakan reaktivasi lintas mati itu.

“Ya betul, tahun ini dilanjutkan lagi study kelayakannya,” katanya, Jumat 7 Januari 2021.

Namun diakuinya, bahwa pihaknya belum bisa merinci berapa jumlah pemukiman penduduk yang akan direlokasi atas dampak dari reaktivasi tersebut. Keputusan itu kata dia, baru bisa disimpulkan setelah study kelayakan berjalan pada tahun ini. 

BACA :  Dua Agenda Unjuk Rasa di Kota Tangerang

“Belum ada perkiraan, karena memang tahun ini baru mau mulai dilaksanakan surveinya. Tapi yang jelas, study dampak sosial di jalur reaktivasi ini akan kami lakukan di 36 kelurahan,” ungkapnya.

Selain segmen II lanjut dia, pendataan bangunan di jalur kereta Rangkasbitung menuju Pandeglang yang merupakan segmen I reaktivasi KA Banten Selatan, sampai sekarang masih terus berlanjut.

Hingga kini pihaknya mencatat, sudah ada 1.326 bangunan yang bakal terdampak penertiban dan relokasi di atas jalur sepanjang 18,7 kilometer itu.

“Data terakhir hasil pendataan dan validasi, 1.326 bangunan itu dari 13 desa di Kabupaten Lebak dan 2 desa di Pandeglang. Segmen 1 ini masih proses, karena memang selama dua tahun kemarin anggarannya direfokusing untuk penanganan COVID-19,” ujarnya.

BACA :  Ketua DPRD Lebak Meninggal Mendadak di Hotel Marilyn Serpong, Kolega: Check In Sendiri dan Urusan Pribadi

Berdaraskan informasi yang berhasil dihimpun, rencana reaktivasi jalur mati dari Rangkasbitung menuju Labuan akan memiliki total 7 stasiun.

Di antaranya Stasiun Rangkasbitung dan Warunggunung di Lebak serta Stasiun Pandeglang, Kadu Kacang, Saketi, Menes dan Labuan di Pandeglang.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler