PMI Pandeglang Satu-satunya di Provinsi Banten yang Memiliki Klinik, Diberi Nama Rusdinar

Date:

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat Meresmikan Klinik Rusdinar Milik Palang Merah Indonesia (PMI) Pandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang, satu-satunya PMI di Provinsi Banten yang memiliki klinik, lantaran PMI yang memiliki sarana klinik tersebut di tanah jawara ini baru Pandeglang.

Klinik PMI yang dinamakan klinik Rusdinar tersebut, yang berlokasi di Jalan Raya Labuan – Pandeglang, Karaton, Kecamatan Majasari itu diresmikan langsung oleh Bupati Pandeglang, Rabu 12 Januari 2022.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengungkapak, keberadaan PMI ini sangat membantu pemerintah dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Terlebih, sekarang ini berdiri klinik PMI yang tentunya pelayanan kesehatan akan lebih optimal.

“Kerja PMI sangat nyata, apalagi sekarang ada klinik nya tentu ini menambah pelayanan kesehatan dengan lebih maksimal. Jika RSUD Full Bad, mungkin bisa juga ditangani disini,” ungkap Bupati Irna.

Dikatakan Bupati Irna, PMI sejauh ini sangat besar peranannya dalam penanggulangan kesehatan, kebencanaan, dan kegiatan sosial lainnya. Apalagi dengan hadirnya klinik, PMI akan semakin memantapkan peranannya.

“PMI adalah mitra strategis pemerintah dalam meningkatkan drajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Di tempatan yang sama, Ketua PMI Pandeglang Gunawan mengatakan, tugas PMI diantaranya kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan teransfusi darah, pembentukan dan pembinan sukarelawan, pelayanan sosial kesehatan masyarakat.

“PMI Pandeglang akan terus berupaya dalam memajukan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga keberadaan PMI lebih dirasakan terus oleh masyarakat. Tujuan kami melaksanakan tugas kemanusian yang tidak memandang ras maupun golongan,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk UDD dananya dari hibah Pemkab Pandeglang, sedangkan untuk klinik sendiri dari Taipei Economic Trade Office (TETO) yang digulirkan melalui PMI pusat.

“Kemanusian butuh dukungan kuat dari Pemerintah, tanpa itu PMI akan kesulitan dalam membangun semangat kemanusiaan, semua ikut andil dalam pengembangan kepalang merahan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang Kebencanaan PMI Banten, Jaenudin mengatakan, baik PMI Provinsi maupun pusat konsen mendukung PMI Pandeglang dimulai pasca bencana tsunami. Dukungan itu diantaranya kata dia, yaitu bantuan Klinik untuk PMI Pandeglang.

“Klinik PMI hanya ada di Pandeglang, saya harap harus dikelola secara baik,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...