Connect with us

Berita Terbaru

Ribuan Rumah di Banten Rusak Diguncang Gempa 6,7 Magnitudo; Dua Warga Luka-luka

Published

on

Kepala Desa Kaduagung Timur, Nensy Anggraeni saat meninjau rumah Arinah seorang janda tua di Rancasema yang roboh diguncang gempa. (Istimewa)

Serang- Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Banten mencatat 1.231 rumah rusak akibat diguncang gempa 6,7 magnitudo, Jumat, 14 Januari 2022.

Ribuan rumah tersebut tersebar di Kabupaten Pandeglang dan Lebak. Rinciannya, 226 rusak berat, 290 rusak sedang dan 715 rusak ringan. 

Di Kabupaten Pandeglang sebanyak 214 rusak berat, 269 rusak sedang dan 617 rusak ringan, dari jumlah 28 Kecamatan dan 123 Desa. 

Sedangkan di Kabupaten Lebak 12 rusak berat, 12 rusak sedang dan 98 rusak ringan, dari jumlah 15 Kecamatan dan 32 Desa. Dan untuk di Kabupaten Serang terdapat 9 rusak sedang, dari jumlah 3 Kecamatan dan 4 Desa. 

BACA :  Perumdam TKR Tangerang Sumbang Mobil Laboratorium PCR Covid-19 ke Pemkab

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten Nana Suryana mengatakan, bagi masyarakat yang terdampak kerusakaan rumahnya, sampai saat ini masih mengungsi ke sanak saudaranya yang rumahnya tidak terdampak. 

“Kita belum membuka tenda pengungsian, karena masyarakat masih memilih untuk menetap di rumah saudaranya,” katanya, Sabtu 15 Januari 2022.

Selain kerusakan rumah, dampak gempa bermagnitudo 6,6 itu juga mengakibatkan sejumlah bangunan sekolah, kantor pelayanan serta tempat ibadah rusak. 

Di wilayah Kabupaten Pandeglang dari jumlah Kecamatan dan Desa di atas, terdapat 13 sekolah, 14 Puskesmas, 4 sarana ibadah, 3 kantor pemerintahan dan 1 tempat usaha yang mengalami kerusakan. 

Sementara untuk di Kabupaten Lebak ada 5 sekolah yang rusak, 2 fasilitas umum dan 1 kantor desa. Sedangkan untuk di Kabupaten Serang tidak ditemukan kerusakan. 

BACA :  Mau Berjualan Hewan Kurban di Lebak? Begini Aturan Mainnya

Nana melanjutkan, sesuai dengan instruksi Bapak Gubernur Banten paska gempa kemarin pihaknya diminta melakukan pendataan rumah dan fasilitas lainnya yang rusak, serta yang utama adalah pencarian potensi adanya korban jiwa. 

“Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, hanya ada 2 warga Lebak yang luka ringan,” jelasnya. 

Editor: Fariz Abdullah

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler