Catat! Kunjungi Korban Gempa di Pandeglang, Wapres Ma’ruf Amin Janji Begini ke Warga

Date:

Wakil Presiden Kh Ma’ruf Amin saat mengunjungi warga terdampak gempa di Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin mengunjungi warga terdampak gempa bumi di Kampung Cibelah, Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Kamis 20 Januari 2022.

Dalam kunjungannya, Wapres meninjau langsung 2 rumah warga yang terdampak gempa milik Ina Supartini dan Haerudin yang rumahnya rusak hampir 80 persen saat kejadian gempa bumi 6,6 magnitudo.

Dalam kesmpatan itu, Wapres berjanji akan membangun rumah milik warga yang terdampak gempa bumi sesuai dengan jenis kerusakannya. Namun kata Wapres, untuk sementara sebelum dibangunkan kembali warga yang rumahnya rusak berat diberikan bantuan pangan dan tenda darurat.

“Ada yang rumahnya rusak berat dan sedang itu kami akan berikan bantuan sesuai bolume kerusakan. Sementara ini dari Kemensos membuatkan tenda dan bantuan konsumsi,” ungkap Wapres.

Selain berjanji akan membangun kembali rumah warga yang mengalami rusak berat, saat ini kata Wapres, pemerintah pusat juga sedang mengkaji terkait rencana relokasi di beberapa titik yang sering terjadi bencana.

“Daerah ini sedang dilakukan tindaklanjut sebaiknya dilakukan relokasi supaya tidak terus menerus terjadi bencana. Karena melihat sering terjadinya gempa dan korban yang terus menerus, ini yang sedang dipikirkan pemerintah,” katanya.

Wapres juga mengaku, pemerintah tidak lepas tangan saat terjadi bencana, salah satu buktinya ialah dengan terus memantau korban dan kerusakan yang diakibatkan oleh bencana tersebut.

“Saya kira pemerintah terus memantau kebutuhan pangan termasuk juga fasilitas umum yang rusak. Doain saja segera sukses,” ucapnya.

Terpisah Camat Munjul, Rudiyanto mengaku, rumah warga yang rusak akibat gempa bumi di wilayahnya ada sebanyak 147 rumah. Satu diantaranya rusak berat dan sebagian besar rusak ringan dan sedang.

Namun kata Camat, tadi pas ada kunjungan Wapres, ada saran kalau warga tersebut direklokasi ke tempat yang datarannya rendak. Akan tetapi, sepertinya itu tidak akan bisa, soalnya warga tersebut sudah memiliki kehidupan di lokasi yang saat ini ditempati.

“Ya memang tadi Wapres menyarankan korban terdampak gempa itu direlokasi. Tapi kayaknya itu tidak mungkin,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...