Connect with us

Berita Terbaru

Kanwil Kemenkumham Banten Kirim 58 Napi Narkoba ke Nusakambangan

Published

on

Penjara

Ilustrasi (net)

Serang – Kanwil Kemenkumham Banten mengirim 58 Narapidana yang mayoritas merupakan kasus narkoba ke Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Masjuno mengatakan, bahwa puluhan napi tersebut gabungan dari Lapas Kelas IIA Cilegon dan Lapas Kelas IIA Serang.

“Keberangkatan 58 Narapidana tersebut, Pemindahan Narapidana ke Pulau Nusakambangan telah mendapatkan persetujuan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM,” katanya, kepada awak media, Rabu 26 Januari 2022.

Guna menghindari hal yang tidak diinginkan selama pemindahan, dua bus pengangkut Napi itu dikawal ketat kepolisin dari Satbrimob Polda Banten.

“Proses Pemindahan sendiri dilakukan dengan menggunakan 2 (dua) Unit Bus yang mendapat pengawalan dari Satuan Brimob Kepolisian Daerah Banten dan Petugas Pengamanan Internal Lapas/Rutan,” ungkap Masjuno.

BACA :  Anggota DPR Minta Masyarakat Pandeglang Awasi Program Jakamantul yang Mulai Direalisasi Tahun Ini

Adapun rincian 58 Narapidana yang dipindahkan, 40 orang berasal dari Lapas Kelas IIA Cilegon dan 18 sisanya berasal dari Lapas Kelas IIA Serang.”Dimana 55 orang merupakan Narapidana Kasus Narkoba sedang 3 orang lainnya adalah Narapidana kasus Pembunuhan dengan kategori High Risk,” jelasnya.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto mengatakan, pemindahan Narapidana Narkoba ke Pulau Nusakambangan ini merupakan bentuk komitmen Kanwil Kemenkumham Banten.

“Memberantas peredaran gelap Narkoba serta meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas/Rutan,” tuturnya.

Selain sebagai bentuk bentuk komitmen terhadap Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), kata Tejo Harwanto, pemindahan Narapidana ini tentu saja akan berdampak terhadap pengurangan kepadatan isi Lapas di Wilayah Banten.

BACA :  Tak Dibantu Pemda, Janda Tua Korban Kebakaran di Lebak Ditampung Warga

“Merupakan langkah pertama yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Banten di awal Tahun 2022, tentunya upaya ini tidak akan terhenti sampai disini. Kegiatan ini akan berlanjut, sebagaimana arahan pimpinan,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler