Connect with us

Berita Terbaru

Bu Iti Lapor! Jembatan Gantung di Bayah Mengkhawatirkan; Seling Karat, Bambu Rapuh

Published

on

Kondisi jembatan gantung Leuwi Renghas di Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak kondisinya mengkhawatirkan. (istimewa)

Lebak- Jembatan gantung Leuwi Renghas di Kampung Cinangga Lebak, Desa Bayah Timur, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak kondisinya mengkhawatirkan.

Jembatan yang melintasi kali Cidikit itu merupakan satu-satunya akses pertanian bagi warga sekitar.

Setiap harinya warga yang akan menuju kawasan pertanian dan membawa hasil taninya melintas di jembatan sepanjang 50 meter itu.

Kabarnya, kawat besi seling jembatan terlihat sudah mengarat. Bahkan beberapa pasangan bambu di sepanjang jembatan sudah lapuk.

“Saya takut jatuh kalau melintasi jembatan itu. Makanya saya pelan-pelan kalau melintasinya. Apalagi kondisi besi seling yang sudah mengarat, kadang-kadang saya suka khawatir besi itu akan putus,” kata Sulis warga sekitar, Kamis, 26 Januari 2022.

BACA :  Miris! Aset Puluhan Miliar Milik Pemprov Banten Terbengkalai di Serpong; Isinya Dibiarkan Digondol Maling

“Takut Pak, apalagi kalau air sungau sedang besar. Tapi mau bagaimana lagi, cuma ini akses jembatan satu-satunya,” timpal Sudita warga lainnya.

Ia pun berharap agar jembatan itu segera diperbaiki, sehingga bisa memperlancar akses warga yang akan membawa hasil taninya dan layak dilintasi.

Sementara, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Bayah Rafik Rahmat Taufik menyampaikan, bahwa jembatan gantung Leuwi Renghas ini hanya diperbaiki lewat hasil swadaya masyarakat.

Keterbatasan dana desa, menurut Rafik, membuat pihaknya hanya bisa berharap kepada bantuan dari pemerintah daerah.

“Dana desa kami terbatas, makanya saya akan usulkan ke pemerintah daerah untuk perbaikan jembatan,”katanya.

‘Di Bayah Timur sebenarnya tidak hanya jembatan ini saja (yang kondisinya menghawatirkan, red). Ada tiga jembatan gantung lainnya yang butuh penanganan serius pemerintah daerah,” tambah Kepala Desa Bayah Timur ini.

BACA :  Sebanyak 1230 Calhaj Tangsel akan Jalani Tes Kesehatan

Rafik mengaku sudah mengusulkan proposal bantuan ke pemerintah daerah untuk perbaikan empat jembatan gantung di Desa Bayah Timur yang kondisinya sangat menghawatirkan.

“Sudah saya usulkan ke pemerintah daerah untuk perbaikan empat jembatan gantung di Desa Bayah Timur. Mudah-mudahan usulan saya direspon dan bantuan perbaikan jembatan segera diturunkan,” tutupnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler