Masyarakat yang Berobat ke Puskesmas Menurun, Dinkes Pandeglang; Karena COVID-19 Jadi Takut

Date:

Sekretaris Dinas Kesehatan Pandeglang, Eniyati saat memberikan keterangan pers.  (BantenHits.com/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, masyarakat yang berobat ke Puskesmas di Kabupaten Pandeglang tahun 2021 menurun dibanding dengan tahun 2020 lalu.

Data pada Puskesmas tahun 2020 tercatat 43,36 persen dan di tahun 2021 menurun jadi 30,91 persen. Sedanglan di Rumah Sakit pada tahun 2020 mencapai 4,08 persen dan ditahun 2021 meningkat jadi 7,0 persen.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Eni Yati membenarkan, jika angka kunjungan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan ke Puskesmas di tahun 2021 menurun. Hal itu terjadi kata dia, karena adanya pandemi COVID-19.

“Iya menurun, karena itu tadi musim pandemi COVID-29 masyarakat takut untuk datang ke Puskesmas,” ungkap Sekdis Dinkes Pandeglang, Senin 31 Januari 2022.

Dikatakannya, ketakutan masyarakat datang ke Puskesmas untuk berobat, seperti takut di swab, takut diklaim mengidap penyakit COVID-19. Ahirnya mereka (warga, red) lebih memilih melalukan pengobatan tradisional.

“Kebanyakan masyarakat kalau sakit lebih memilih melakukan pengobatan tradisional. Sehingga angka kunjungan ke Puskesmas menurun,” katanya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...