Connect with us

Berita Terbaru

Hasil Tangakapan Ikan Nelayan Dibayar Tunai di TPI II dan III Labuan

Published

on

Suasana TPI Labuan. Pembayaran ikan untuk nelayan secara tunai. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Nelayan yang berada di bawah naungan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) III dan TPI I Labuan, Pandeglang kini bisa bernafas lega. Lantaran hasil tangkapan ikan mereka bisa dibayar tunai oleh pihak TPI.

Seorang nelayan Labuan, Hendi Amerzon mengungkapkan, sekarang ini pembayaran ikan di TPI langsung kontan. Sehingga usaha para nelayan bisa berjalan lancar, tidak mesti menunggu pembayaran dalam jangka waktu lama.

“Alhamdulillah sistem pembayaran ikan sekarang ini di TPI III dan I kontan. Dengan begitu, aktivitas usaha perikanan kami bisa berjalan lancar,” ungkap Amerzon, Kamis 10 Februari 2022.

Jika tahun – tahun sebumnya kata dia, pembayaran ikan tidak dilakukan cash, akan tetapi harus menunggu hingga beberapa hari. Sehingga ketika proses lelang ikan selesai, ia tidak langsung bisa menikmati hasilnya.

BACA :  Gagal Lelang, Silpa DTKBP Tangsel Capai Rp210 Miliar

“Akan tetapi sekarang ini, dengan sistem pembayaran kontak, setelah lelang kami pulang membawa uang,” katanya.

Dia mengaku, sistem pembayaran cash yang sangat dirindukan oleh para nelayan sejak dulu. Karena, dengan begitu aktivitas usaha nelayan bisa lancar tidak terhambat dengan pembayaran.

“Pembayaran dengan cara cash ini cukup membantu kami para nelayan di Labuan, sehingga kesejahteraan kami pun bisa meningkat,” tambahnya.

Terpisah, Manager TPI III Labuan, Pandeglang, Jumadi mengatakan, sejak dilakukanya sistem pembayaran cash di TPI. Nelayan semakin antusias untuk membawa ikanya ke TPI.

“Alhamdulillah kami di TPI III dan TPI I sudah bisa mengupayakan untuk pembayaran secra kontan kepada nelayan. Sekarang ini saya cermati nelayan cukup antusias lelang ikan di TPI,” tuturnya.

BACA :  Demokrat Peduli ke Warga Lebak; Siapkan Vaksin Covid-19 untuk 500 Orang

Diauiknya, untuk jumlah nelayan yang berada di bawah naungan TPI III ada sebanyak 200 lebih. Pihaknya pun akan terus berupaya dalam memberikan pelayanan yang baik kepada nelayan.

“Satu persatu kami ingin harapan nelayan terelasisasi. Sistem pembayaran tunai sudah kami mulai sejak awal Januari 2022, dan rencana kami pun akan melakukan penataan lingkungan TPI III, supaya para pengusaha ikan bisa nyaman dalam melakukan aktivitasnya,” ujarnya.

Hal yang sama di katakan Manager TPI I Labuan, Omod mengaku, pembayaran lelang ikan di TPI yang dikelolanya sudah dilakukan secara cash sama seperti di TPI III. Sehingga tambah dia, para nelayan sekarang ini tidak mesti menunggu beberapa hari untuk menikmati hasil nya.

BACA :  Kabiro Barjas Pemprov Banten Tepis Mentah-mentah Pernyataan Gubernur soal Akun Gelap terkait LPSE Umumkan Proyek PL Rp169 Miliar

“Baru dimulai tahun ini sistem pembayaran secara cahs. Karena kalau tahun – tahun sebelumnya tidak, tapi sekarang alhamdulilkah melalui berbagai upaya, kami bisa menggandeng donatur untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler