Capaian PAD Dishub Kabupaten Serang dari Retribusi Uji KIR Tembus 98 Persen pada 2021

Date:

Dinas Perhubungan Kabupaten mencatatkan capaian 98 persen PAD dari sektor restribusi pengujian kelayakan kendaraan atau Uji KIR.(BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Laju progresif perolehan potensi asli daerah atau PAD pada tahun anggaran 2021 ditunjukkan Dinas Perhubungan Kabupaten dari sektor restribusi pengujian kelayakan kendaraan atau Uji KIR.

Kepala Seksi Fasilitasi Sarana dan Prasarana Dishub Kabupaten Serang, Agus Priyatno mengatakan capain PAD dari Uji KIR mencapai Rp 1,3 miliar atau 98 persen.

Capaian tersebut diperoleh dari pengujian KIR terhadap 12 ribu lebih kendaraan pada 2021. Jumlah ini melampaui target awal uji kendaraan yakni 10 ribu kendaraan.

“Ada kendaraan yang wilayah kabupaten serang ada dari luar kota yang menguji di kita, rata-rata kendaraan yang KIR sehari capai 30 sampai 50 kendaraan,” ujar Agus Priyatno saat ditemui di kantornya, Kamis 10 Febuari 2022.

Menurut Agus, untuk awal tahun 2022 ini, per hari terdapat 30 sampai 50 bahkan bisa mencapai 100 kendaraan yang melakukan uji KIR.

“Meningkat karena memang kita didukung oleh Dinas Perhubungan dari pusat, provinsi maupun kabupaten yang melakukan pengawasan kendaraan yang overload. Ini juga demi keselamatan si pengendara juga,” tegasnya.

Agus memaparkan, ada beberapa syarat kendaraan yang dapat dinyatakan lolos dari hasil pengujian KIR. Kendala saat tidak lolos uji KIR salah satunya seperti ban gundul mengakibatkan cengkraman kurang dan beberapa item lainnya.

“Itemnya banyak nanti itu ada teknisi dan yang kurang akan di kasih tahu ke pemilik untuk perbaiki. Kita kasih waktu 14 hari agar lakukan uji ulang KIR. Banyaknya lolos setelah itu karena sudah diperbaiki,” jelasnya.

Untuk tahun 2022 Dinas Perhubungan Kabupaten Serang memiliki target PAD Rp 1,3 miliar lebih. Pada bulan kedua 2022, target tersebut sudah mencapai 20 persen.

“Semoga tahun 2022, seperti catatan tercapai seperti tahun sebelumnya, ini baru dua bulan sudah sesuai dengan target bulanan,” pungkasnya.(ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Yuk Serbu! Ada Pameran Buku Murah 17 April -17 Mei 2024 di Mal Ciputra Citra Raya

Berita Tangerang - Kabar baik bagi para pecinta buku....

Rejeki ‘Nomplok’ di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran 2024 untuk 353 ASN Pemkab Tangerang

Berita Tangerang - Rejeki 'nomplok' didapatkan oleh 353 Aparatur...

Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran 2024, Al Muktabar Kebut Persiapan Musrembang

Berita Banten - Hari pertama kerja usai Libur Lebaran...