Connect with us

Berita Terbaru

Laboratorium UDD Kota Tangerang ‘Terbakar’, PMI Lakukan Pertolongan Dramatis

Published

on

Petugas PMI Kota Tangerang saat melakukan evakuasi dalam simulasi kebakaran laboratorium UDD. (Istimewa)

Tangerang- Laboratorium UDD di Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang terbakar, Jumat, 11 Februari 2022. Di gedung tersebut terdapat ratusan relawan dan staff yang terjebak.

Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang bergegas melakukan evakuasi. Mereka melakukan serangkaian aksi dramatis untuk menyelamatkan orang-orang di dalam gedung.

Dalam kurun waktu 45 menit, mereka berhasil mengevakuasi seluruh warga di dalam gedung. Untuk mereka yang berada di lantai dua, petugas menggunakan tali pengaman dalam melakukan evakuasi lalu membawanya ke rumah sakit dengan ambulans.

Usut punya usut serangkaian peristiwa itu merupakan simulasi kebakaran yang digelar oleh PMI Kota Tangerang.

BACA :  Hari Ini, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Batalyon Cakra di Lebak

Simulasi diawali dengan bunyi sirene sebagi tanda terjadinya bencana. Kemudian disusul dengan suara himbauan dari petugas agar masyarakat tidak panik dan mengikuti SOP evakuasi kebencanaan.

Husbeni Gonzala wakil ketua bidang pencitraan dan kerjasama PMI Kota Tangerang mengatakan, pelaksaan simulasi ini bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan akreditasi BPOM dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dalam kegiatan tersebut melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Tangerang, unit pemadam kebakaran, dan unsur TNI – Polri.

“Kami libatkan ratusan orang termasuk relawan dan staf laboratorium, pihak terkait bahkan juga warga sekitar,”ujarnya.

Menurut Gonzala, melalui kegiatan ini juga kemampuan para anggota PMI dalam penanggulangan kebencanaan terutama kebakaran tetap terjaga dan terus meningkat.

BACA :  Jasa Raharja Santunin Korban Kecelakaan di Tanjakan Emen Subang

“Kita harapkan dalam kegiatan ini dapat meningkatkan kemapuan aggota dalam menghadapi bencana,” ucapanya.

“Kita harapkan PMI Kota Tangerang dan BPBD lebih bisa bekerja sama dalam mehadapi bencana. Seprti yang kita lihat dalam simulasi anggota dan petugas BPBD bisa mendamkan api kurang dari 45 menit,”tambahnya.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler