Korban Ledakan Pabrik Kimia di Cilegon Bertambah Jadi 6 Orang; Brimob Turun Tangan

Date:

Kondisi PT MCCI Cilegon. Pabrik kimia yang berlokasi di Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon itu meledak dini hari. (Bantenhits/Iyus Lesmay)

Cilegon- Korban ledakan pabrik kimia PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) bertambah menjadi 6 orang. Mereka saat ini telah dilarikan ke rumah sakit.

Adalah Tisna, Sutianto, Arief Darmawan, Tolib, Agung dan Enjay. Mereka merupakan Tisna, Sutianto, Arief Darmawan, Tolib, Agung dan Enjay.

“Para korban mengalami mata perih, hidung panas atau perih, sesak nafas, mual dan pusing. Mereka sekarang dirawat di rumah masing-masing,” kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono, Rabu, 23 Februari 2022.

Ledakan yang diduga akibat adanya kebocoran pipa di unit TP A1 bagian produksi PT MCCI, tersebut juga mengeluarkan cairan kimia dan bau menyengat.

“Setelah dilakukan pengecekan oleh manajemen sekuriti perusahaan itu memang cairan kimia, memang baunya menyengat tetapi tidak berbahaya menurut keterangan dari perusahaan,”bebernya.

Untuk memastikannya, menurut Sigit, Gegana Brimob Polda Banten menurunkan unit Kimia Biologi dan Radioaktif (KBR) dikerahkan untuk memeriksa pabrik yang berlokasi di Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon tersebut.

“Tujuannya adalah melakukan, menganalisa apakah cairan kimia tersebut nantinya bertemu dengan zat kimia lain akan menimbulkan reaksi berupa ledakan reaksi kimia yang berbahaya,”jelasnya.

“Yang bisa saat ini kami sampaikan adalah betul ada ledakan, ledakan disebabkan adanya tekanan dari reaktor untuk membuat bahan Polyester (benang) yang disebut PTE,”tambahnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related