Pabrik Kimia di Cilegon Meledak saat Dini Hari; Ada Korban, Lalu Polisi Tak Bisa Mendekat

Date:

Semburan asap muncul usai ledakan dahsyat terjadi di pabrik kimia PT MCCI. (Istimewa)

Cilegon- Sebuah pabrik kimia di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon meledak, Rabu, 23 Februari 2022. Adalah PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI).

Ledakan dahsyat yang terjadi sempat membuat warga heboh. Bahkan, kendaraan yang terparkir disekitar parkir pun menjadi kotor karena debu.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono menerangkan saat ini pihak kepolisian tengah berada di lokasi kejadian untuk melakukan proses identifikasi.

“Informasi masyarakat terjadi ledakan di PT MCCI. Kepolisian ke lokasi pagi hari, namun karena situasinya masih terjadi asap semburan itu, sehingga tidak bisa mendekat ke lokasi,”kata Sigit.

“Oleh pihak perusahaan akhirnya di shotdown dulu, baru berhenti. Mungkin siang ini tim masuk ke lokasi,”tambahnya.

Belum dipastikan penyebab pasti terjadinya ledakan dahsyat. Namun, menurut Sigit dugaan sementara karena instalasi pipa produksi.

“Informasi sementara ledakan tersebut terjadi karena adanya pipa, pipa itu menghubungkan tabung reaktor ke tabung kristalitator untuk produk yang diproduksi PT MCCI,”katanya.

“Produk itu adalah bahan untuk pembuatan biji plastik, dan nantinya itu diolah jadi benang dan jadi baju,”sambungnya menjelaskan.

“Nah pipa tadi itu masih melakukan penyelidikan apakah karena tekanan, apakah karena pipanya yang sudah tidak memenuhi syarat itu masih diselidiki,”timpal Sigit lagi.

Kata Sigit, dalam peristiwa tersebut terdapat seorang korban yang mengalami luka-luka dan tengah dalam perawatan tim medis.

“Untuk Korbannya satu orang, satu orang masih diobservasi, korban luka-luka, dirawat di klinik karena kondisinya tidak terlalu berat,”terangnya.

“Semburan abu itu sampai ke PT Pertamina, tapi disana tidak mengakibatkan hal hal yang membahayakan di Pertamina, di lokasi yang tidak disposisi alat atau ada tabung bbm, jadi yang aman lah,”tambahnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...