Dampak Banjir di Ibu Kota Provinsi Banten; Ribuan Rumah Terendam, 5 Orang Meninggal Dunia dan 3500 Jiwa Mengungsi

Date:

Wali Kota Serang, Syafrudin saat meninjau lokasi banjir. (Istimewa)

Serang – Banjir akibat meluapnya sungai Cibanten merendam 43 wilayah di Ibu Kota Provinsi Banten. Dampak dari banjir tersebut, 1500 rumah di Kota Serang terendam.

Wali Kota Serang, Syafrudin mengatakan, banjir Ini merupakan banjir pertama yang menggenangi hampir seluruh wilayah di Kota Serang.

“Ini merupakan banjir pertama yang menggenangi hampir seluruh wilayah Kota Serang, akibat meluapnya kali Cibanten, sebelumnya belum pernah terjadi seperti ini,” ungkap Syafrudin pada saat Konferensi Pers, Selasa 1 Maret 2022.

Syafrudin menambahkan ada sekitar 43 titik wilayah di Kota Serang yang terendam banjir, dari 43 titik tersebut dikonfirmasi terdapat 1500 rumah yang terendam, serta terdapat 3500 orang yang mengungsi di beberapa Posko yang sudah di Sediakan oleh Pemerintah Kota Serang.

Selain beberapa rumah yang terendam banjir, terdapat beberapa warga meninggal serta anak-anak yang hanyut akibat tingginya luapan air yang menggenangi Kota Serang.

“Dari 43 titik yang terendam banjir, diketahui terdapat 5 warga yang meninggal satu diantaranya tersengat aliran listrik satu warga lainnya terkena longsor,” tambah Syafrudin.

Selain bala bantuan yang dikerahkan, Pemerintah Kota Serang secara langsung menyalurkan beberapa bantuan logistik didistribusikan ke beberapa wilayah yang terdampak banjir, serta dapur-dapur umum di beberapa lokasi sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Serang.

Dalam hal ini Syafrudin berharap kepada seluruh warga Kota Serang yang terdampak banjir agar tidak kembali ke tempat tinggalnya, dikhawatirkan terdapat banjir susulan yang dapat menggenangi rumah warga.

“Dikhawatirkan cuaca buruk, lalu ada banjir susulan jadi masyarakat diharapkan tetap di posko pengungsian dahulu, menunggu info lebih lanjut dari Pemkot Serang,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...