Zaki Persilakan Kabupaten Tangerang Dijadikan Laboratorium Penelitian Kalangan Kampus

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat melepas Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Tinggi Ilmu Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Insan Pembangunan. (Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mempersilakan kalangan kampus, institusi, akademisi, dan organisasi menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai laboratorium penelitian.

Hal itu disampaikan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat melepas Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Tinggi Ilmu Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Insan Pembangunan, Selasa, 1 Maret 2022.

PKM tersebut terdiri dari 80 tenaga pengajar/dosen serta 80 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Insan Pembangunan Kabupaten Tangerang di Kabupaten Tangerang.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bappeda serta STMIK dan STIE Insan Pembangunan Kabupaten Tangerang yang telah berkolaborasi dan bekerjasama, mendukung salah satu program Pemerintah Kabupaten dalam rangka akselerasi perwujudan 16 Kampung Tematik di wilayah Kabupaten Tangerang,” ucapnya dalam acara yang digelar secara simbolis di Pendopo Bupati Tangerang, seperti dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Bupati berharap dengan kegiatan PKM tersebut dapat mengasah jiwa empati dan kepedulian kepada masyarakat banyak.

Lebih dari itu Bupati Zaki juga berharap melalui kolaborasi ini nantinya akan lahir desa binaan yang indikator target capaian pelaksanaannya antara lain mencakup: peningkatan pengetahuan, motivasi dan ketrampilan, pelayanan dan pemasaran serta peningkatan pendapatan. Selain hal tersebut juga mencakup sertifikasi produk dan terciptanya wirausaha mandiri.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Tangerang Efi Indarti dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari 80 Tenaga Pengajar/Dosen serta 80 mahasiswa STMIK dan STIE Insan Pembangunan Kabupaten Tangerang tersebut merupakan strategi tepat guna mewujudkan harapan serta cita-cita kita bersama yakni mewujudkan kualitas masyarakat yang lebih kompeten dan produktif di tengah-tengah era digitalisasi dan situasi pandemi seperti sekarang ini. 

“Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan ini berlangsung selama selama 7 (tujuh) bulan, sejak bulan Maret sampai dengan bulan September 2022 mendatang, yang bertempat di 16 Kampung Tematik,” jelas Efi.

Sementara itu, Dr. Winanti S.Kom.,MM., M.Kom Ketua STMIK/STIE Insan Pembangunan mengatakan kegiatan PKM ini sangat berbeda dengan pengabdian kepada masyarakat pada tahun-tahun sebelumnya. Kami menurunkan langsung 80 dosen dan tenaga pengajar di STMIK pembangunan di 16 lokus kampung tematik atau desa yang menjadi tempat tujuan.

“Kegiatan ini diberikan bobot 4 sampai 5 SKS. Adanya bobot SKS yang cukup tinggi di kegiatan PKM ini diharapkan membuat mahasiswa senang dan memberikan hasil yang maksimal serta bisa dirasakan oleh masyarakat langsung,” ujarnya.

Menurut dia, Civitas akademika STMIK/STIE Insan Pembangunan Kab. Tangerang sebelumnya juga sudah melakukan PKM ini di Panimbang, Malingping, Karawang, justru di daerah sendiri di Tangerang, mereka belum melakukan PKM tersebut. Karena hal tersebut maka kegiatan PKM Tahun 2022 ini, semua penelitian dosen dan mahasiswa difokuskan di wilayah Kabupaten Tangerang.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...