Proyek IPA SPAM Tanjung Lesung Rp32,5 M Disidak Ketua DPRD Pandeglang; Belum Apa-apa TPT Udah Ambruk

Date:

Ketua DPRD Pandeglang Tubagus Udi Juhdi saat Sidak IPA SPAM Tanjung Lesung. Dalam sidak itu Udi menemukan TPT yang ambruk. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Ketua DPRD Pandeglang, Tubagus Udi Juhdi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pada proyek pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Dalam sidak tersebut, Udi Tembok Penahan Tanah (TPT) yang sudah ambruk. Padahal, proyek yang dibiayai oleh APBN ini baru dikerjakan.

“Belum apa-apa bangunan TPT sudah ambruk. Artinya ada yang janggal dala. proyek itu, apakah perencanaanya yang mentah atau kah kualitas bangunan nya yang buruk,” ungkap Ketua DPRD Pandeglang, Tubagus Udi Juhdi, Minggu 6 aMaret 2022.

Politisi Gerindra itu meminta, instansi terkait melakukan evaluasi terhadap proyek IPA SPAM tersebut. Karena ia menduga, kualitas pada bangunan yang lain dalam proyek tersebut juga kualitasnya sama dengan bangunan TPT.

“Saya minta konsultan pengawas harus intens melakukan pengawasan terhadap pekerjaan ini. Jangan sampai proyek SPAM ini dikerjakan secara asal – asalan. Dan pihak kementrian juga harus turun ke lokasi untuk meninjau proses pembangunan ini,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan IPA SPAM ini untuk hajat hidup orang banyak, dan anggaran yang digelontorkan untuk proyek ini tidak sedikit. Jadi diharapkannya, pihak pelaksana harus mengendapnkan kualitas bangunan, jangan sampai asal – alsan.

Selain itu, anak buah Prabowo Subianto tersebut juga menekankan kepada pihak konsultan pengawas, untuk melakukan pengawasan secara optimal.

“Intinya saya harapkan kontraktor jangan main – main dengan pekerjaannya. Laksanakan pekerjaan sesuai aturan yang ada, karena jika ada ketidak sesuaian nantinya bisa berhadapan dengan pihak penegak hukum,” tegasnya.

Pada saat turun ke lapangan, Ketua DPRD Pandeglang itu juga merasa sedikit kecewa, karena pihak konsultan perencana dan pengawas tidak ada di lokasi.

“Bahkan, saat kami ingin melihat RAB juga, pihak kontraktor tidak bisa menunjukan RAB nya,” katanya.

Diektahui dari papan informasi pembangunan, bahwa proyek IPA SPAM tersebut dikerjakan oleh PT Linggar Bhakti Teknika dengan konsultan PT Ciriajasa EC KSO dan PT Binatama Wirawredha Konsultan.

Anggaran dalam proyek tersebut sebesar Rp 32,5 miliar lebih dari APBN pusat tahun anggaran 2021-2022. Lama proses pengerjaan selama 15 bulan atau 450 hari kalender.

Proyek IPA SPAM KSPN Tanjung Lesung Pandeglang tersebut merupakan program pembangunan dari pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai prasarana permukiman wilayah Banten.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...