Andika Hazrumy: Pembangunan RSU Labuan Pandeglang Upaya Meningkatkan Pelayanan Kesehatan untuk Warga Banten Selatan

Date:

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy saat melakukan peletakan batu pertama pembangungan RSU Labuan, KabupatenPandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni).

Pandeglang – Pemerintah Provinsi Banten, melalui Dinas Kesehatan Banten, telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 64 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Umum atau RSU Labuan, Kabupaten Pandeglang yang bersumber dari DPA atau DPPA Banten tahun anggaran 2022.

Dalam proses pembangunan RSU Labuan tipe C tersebut, wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumi telah melakukan peletakan batu pertama pada proyek tersebut.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumi mengungkapkan, dibangunnya RSU Labuan tersebut, salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, terutama di wilayah Banten selatan.

“Pembangunan sarana kesehatan ini merupakan salah satu program prioritas dari tiga program prioritas yang tercatat dalam RPJMD 2017-2022. Yakni meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Banten,” ungkap Wakil Gubernur, usai melakukan peletakan batu pertama dalam pembangunan RSU Labuan, Pandeglang, Selasa 8 Maret 2022.

Dikatakannya, Pemprov Banten tahun ini telah membangun dua Rumah Sakit, yaitu RSU Labuan, Pandeglang dan RSU Cilograng, Lebak. Kedua RSU tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima.

Karena kata Wagub, pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat, tentu akses harus mudah terjangkau oleh masyarakat itu sendiri. Kedua, fasilitasnya harus memadai, dan yang ketiga ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) nya harus maksimal.

“Mulai dari dokternya, perawat nya dan tenaga kesehatan lainnya harus betul – betul memiliki dedikasi yang tinggi,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Banten, Ati Pramudji Hastuti menuturkan, untuk pembangunan RSU Labuan ini menggunakan anggaran sebesar Rp 64 miliar.

Kata dia, untuk tahun ini Dinkes baru sebatas menganggarkan untuk bangunan Gedung nya saja. Nanti di tahun berikutnya 2023 baru penyediaan alat kesehatan sekaligus SDM nya.

“Untuk bisa dioperasikannya di tahun 2023, setelah pemenuhan sarana dan prasarana nya sudah memadai. Paling lambat sekitar awal Oktober 2023 bisa dioperasikan,” ujarnya.

Menurutnya, untuk luas lahan bangunan RSU Labuan seluas 6952 meter, dan luas bangunan 8581 meter persegi. Ia pun mengaku, proses pembangunan ini melanjutkan bangunan yang sudah ada, tidak dilakukan dari nol lagi.

“Kita juga nanti akan melakukan penambahan lahan dengan cara pembebasan untuk lahan parkir seluar 8000 meter. Adapun pengelolaan RSU Labuan ini nanti dilakukan oleh Provinsi Banten,” jelasnya.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengaku, berterimakasih kepada Pemprov Banten, yang telah membangun kembali RSU Labuan ini.

Menurutnya, dengan telah dibangun nya RSU ini pelayanan kesehatan bagi masyarkat Pandeglang akan lebih mudah dan optimal.

“Alhamdulillah RSU Labuan ini dibangun lagi, sehingga masyarakat Pandeglang akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...