Connect with us

Berita Terbaru

Pandeglang Punya Srikandi yang Bikin Urusan Surat Menyurat Jadi Lebih Cepat, Apa Itu?

Published

on

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengungkapkan kehadiran Srikandi di Kabupaten Pandeglang, yakni aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yang akan membuat urusan surat menyurat jadi lebih cepat. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Urusan surat-menyurat berbasis elektronik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang kini menjadi lebih cepat.

Hal itu berkat kehadiran Srikandi yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengungkapkan, aplikasi Srikandi ini bertujuan untuk mengurus surat menyurat supaya lebih mudah dan cepat.

Dikatakan Irna, aplikasi Srikandi ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian PANRB, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). 

BACA :  Masih Ada Pelaku Lain, Ini Peran Dua Tersangka yang Berhasil Dibekuk Petugas

“Aplikasi ini bersifat Government to Government (G2G), sehingga dimanfaatkan oleh instansi pusat maupun daerah. Jika ada surat – menyurat tidak harus menunggu keesokan hari agar lebih cepat ditindaklanjuti,” ungkap Irna, Senin 14 Maret 2022.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengatakan, aplikasi ini memang sudah diterapkan oleh dua daerah yaitu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kota Tangerang.

“Pada satu kesempatan bertemu dengan Bu Airin, saya melihat beliau sedang menandatangani digital, saya tanya apakah itu pesanan online atau apa, ternyata sedang menandatangani surat secara digital,” katanya.

Ditambahkannya, sekarang ini Pandeglang akan menerapkan aplikasi Srikandi tersebut, karena adanya Srikandi merupakan lompatan yang tinggi dari Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

BACA :  Fakta Mencengangkan terkait Penangkapan Purnawirawan TNI dan Dosen PTN yang Diduga Akan Bikin Chaos Aksi Mujahid 212

“Aplikasi ini segera kita terapkan atas intruksi pemerintah pusat, dilakukan secara bertahap, apapun SPBE yang disarankan harus dilaksanakan dengan baik,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler