Connect with us

Berita Terbaru

Jabatan Plt Sekda Sudah Mau Habis, Kok Pemda Pandeglang Belum Lakukan Open Bidding?

Published

on

Taufik Hidayat saat dilantik menjadi Pj Sekda Pandeglang. Taufik yang kerap disebut “anak emas” mantan Bupati Pandeglang, Dimyati Natakusuma ini punya karir cemerlang di zaman Bupati Pandeglang saat ini, Irna Narulita yang tak lain istri Dimyati. (Istimewa)

Pandeglang – Jabatan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah atau Plt Sekda Kabupaten Pandeglang yang dijabat oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dindikpora), Taufik Hidayat, kini sudah mau habis.

Seperti diketahui, jabatan plt yang diemban Taufik Hidayat sudah pernah diperpanjang satu kali.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, hingga saat ini belum terlihat ada tanda – tanda akan melakukan proses lelang jabatan Sekda tersebut, padahal kursi jabatan tinggi pratama itu mengalami kekosongan karena Sekda lama Fery Hasanudin sudah pensiun.

BACA :  Polemik Girik Vs Sertifikat Tanah di Tangerang Berakhir; Begini Keputusan MA

Merujuk Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 tahun 2018 tentang status Penjabat Sekretaris Daerah, pasal 5 ayat 3 berbunyi, ‘Masa jabatan Penjabat Sekretaris Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dan ayat 2 paling lama 6 bulan, dalam hal sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas, dan paling lama 3 bulan dalam hal terjadi kekosongan jabatan sekretaris daerah’.

Sementara, untuk jabatan Sekda Kabupaten Pandeglang sendiri telah terjadi kekosongan jabatan, bukan berarti ada pejabat Sekda definitifnya tapi tidak bisa melaksanakan tugas atau berhalangan tugas, melainkan Penjabat Sekda atau pejabat sementara yang ditunjuk oleh Bupati Pandeglang, itu sudah hampir memasuki 6 bulan setelah dilakukan perpanjangan dalam kedudukan sebagai penjabat Sekda.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi I DPRD Pandeglang, Miftahul Farid Sukur mengungkapkan, terkait maslah Plt Sekda sudah diatur dalam Perpes Nomor 13 tahun 2018, masa jabatan Plt Sekda selama tiga bulan dan bisa diperpanjang selama tiga bulan lagi. 

BACA :  Forum Anak Lebak Angkatan ke-2 Dibentuk

Nah, jika terjadi kekosongan jabatan, maka Pemerintah Daerah haru segera melakukan open bidding supaya jabatan Sekda segera diisi oleh pejabat definitif.

“Maka, jika Pemda membaca aturan itu maka harus segera melakukan open bidding Sekda itu sendiri. Karena ketika kita melihat jabatan Plt Skeda saat ini, maka Pemda harus segera melakukan lelang jabatan,” ungkapnya, Senin 21 Maret 2022.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler