Connect with us

Berita Terbaru

Lebak Sudah Panen1.909 Ton Jagung; Optimis Target Produksi Tahun 2022 Tercapai

Published

on

Kepala Distan Lebak, Rahmat Yuniar (kedua kiri) saat panen jagung di Gunung Kencana. (Istimewa)

Lebak- Dinas Pertanian Kabupaten Lebak mengaku optimis target produksi 3.407 ton jagung tahun 2022 bisa tercapai.

Bagaimana tidak, sepanjang Januari – Maret, daerah penyangga ibukota ini sudah memanen 1.909 ton jagung.

“Alhamadulilah kualitas panen jagung yang dihasilkan petani Ciginggang, Gunungkencana ini cukup baik,” kata Kepala Distan Lebak, Rahmat Yuniar saat acara panen.

“Insya allah target Palawija (36.320 ton-red) termasuk jagung tercapai. Diharpakan dapat menungkatkan tarap ekonomi petani,” tambahnya.

Dia mengatakan, Distan terus mengoptimalkan produktifitas pangan lokal. Tujuannya untuk mengantisipasi krisis pagan di tengah pandemi Covid-19.

BACA :  Soal Temuan BPK, Inspektorat Pandeglang: Kita Tunggu Ketegasan Bupati

“Ditengah Pandemi Covid-19 ini produktifitas pangan lokal diharapkan dapat menggantikan komoditas utama yaitu Padi,”jelasnya.

“Sehingga selain mengkonsumsi beras, kita juga bisa mengkonsumsi non beras, seperti pangan atau buah buahan lokal,”katanya.

Kata Rahmat, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya seperti Dinas Ketahanan Pangan Lebak untuk memaksimalkan potensi pangan lokal, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara mengolah pangan lokal tersebut untuk menjadi suatu produk yang bernilai jual tinggi. 

“Kita akui selama ini petani di Lebak hanya menjual hasil tani mereka langsung ke daerah luar tanpa diolah terlebih dahulu, sehingga nilai dari jualnya juga rendah,”pungkasnya.

“Padahal, bila dapat diolah hasil tani mereka menjadi suatu produk yang mempunyai nilai jual yang jauh lebih tinggi,”timpal Rahmat lagi.

BACA :  Diduga Arus Pendek Listrik, Aula Kantor Dinas Pendidikan Cilegon Terbakar

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler